Asyiknya Belajar di 5 Benua Cetak E-mail
(1 vote)

Mencari Ilmu di Berbagai Belahan Bumi

Bermukim di negara yang tak pernah dikenali sebelumnya, memberi banyak pengalaman baik menyenangkan atau menyedihkan. Sering kali perbedaan di sebuah negara membuat tidak nyaman para pendatang baru. Ini mulai dari perbedaan bahasa, musim, kuliner, lingkungan sosial, hingga sistem.

Untuk menghadapi perbedaan itu, perlu mencari informasi lengkap, termasuk sistem pendidikan untuk anak-anak. Orang tua perlu mencari informasi pendidikan di negara yang akan dituju agar siap secara mental. Jangan sampai anak-anak surut semangat untuk menempuh pendidikan.

Beberapa negara di 5 benua dalam buku ini mengaitkan pendidikan dan kesehatan. Contoh, Jerman mengharuskan buku imunisasi menjadi dokumen penting dan syarat yang harus dilampirkan saat mendaftarkan anak ke sekolah. Ada juga surat pernyataan dari dokter tentang riwayat kesehatan anak. Hal ini terkait perbedaan cuaca dan kondisi lingkungan negara asal.

Negara juga memiliki andil sangat besar dalam pendidikan. Pemerintah memberi opsi sekolah sekitar rumah dengan standar kualitas sama. Alasannya, apabila terjadi berbagai masalah di luar kuasa sekolah, orang tua bisa segera dipanggil. Di Belanda, setiap anak memiliki hak istimewa untuk memilih setidaknya delapan sekolah di sekitar rumah (hal. 52).

Peran pemerintah tak sebatas memberi opsi sekolah, tapi juga solusi dari kendala terbesar para pendatang seperti bahasa. Pemerintah menyediakan kelas khusus bahasa Inggris dan bahasa negara asal yang kebanyakan gratis. Hal ini memudahkan anak berkomunikasi dan cepat bersosialisasi.

Tak cukup sampai di situ saja, sekolah juga memberikan kesempatan sama untuk anak berkebutuhan khusus yang diawasi dan diajar guru khusus pula. Hal ini membawa angin segar bagi orang tua yang memiliki anak “istimewa”, tanpa khawatir dikucilkan. Sebab, anak berkebutuhan khusus pun berhak mengenyam pendidikan yang sama, meskipun dengan cara berbeda.

Aktivitas di sekolah tiap negara tentu berbeda tergantung pada jenjang pendidikan. Namun, hampir semua sekolah mengutamakan aktivitas membaca dan pendidikan karakter. Di Australia, ada program morning reading selama 15 menit. Untuk year 1 dan kindergarten, morning reading dilakukan bersama orang tua (hal. 44). Kegiatan sederhana ini mampu memantik semangat cinta buku sejak dini.

Untuk membangun karakter anak, sekolah memfasilitasi kegiatan sederhana dan menyenangkan yang diharapkan menjadi kebiasaan. Misalnya, setelah snack time, anak-anak wajib mencuci peralatan yang telah digunakan dan mengembalikan ke tempat semula. Kegiatan lain: menyiram tanaman dan merawat peliharaan. Meskipun sistem pendidikan setiap negara berbeda, rata-rata mengedepankan wajib belajar pendidikan dasar baik berbayar ataupun tidak. Beberapa sekolah bahkan diberikan kebebasan menentukan metode dan materi pembelajaran. Yang penting tujuan kurikulum tercapai di akhir semester (hal. 286).

Di sinilah guru dan murid merasa enjoy dan dekat bak sahabat. Hal ini membuat anak bersemangat belajar dan betah di sekolah. Buku bisa menjadi bacaan orang tua yang akan memboyong keluarga ke luar negeri. Ada juga informasi prosedur memulai pendidikan sesuai destinasi negara. (Lilik Herawati - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
DUNIA PENDIDIKAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31580773

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit