Jangan Biarkan Gaji Numpang Lewat Cetak E-mail
(1 vote)
Strategi Mengelola Penghasilan Demi Masa Depan
 
Menjelang akhir tahun, adegan-adegan berbau kapitalistik terus digemborkan. Iklan-iklan tampil sangat impresif. Imbasnya, gaji bulanan yang menjadi tumpuan satu-satunya untuk memenuhi segala kebutuhan, bisa kedodoran. Gaji kerap kali tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup satu bulan berikutnya.
 
Buku ini mengupas tuntas manajemen gaji agar tidak hilang begitu saja. Harus disadari, manajemen keuangan sangatlah urgen. Ini mulai dari mengatur gaya hidup, disiplin diri, dan tidak boros. Akhir tahun, pusat-pusat perbelanjaan menawarkan banyak potongan harga yang bisa memancing semangat belanja.

Diskon yang dihembuskan membuat orang-orang tak kuasa menahan diri untuk belanja, meski barang belum tentu urgen. Menurut buku, banyak orang tidak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Hidup mereka jadi boros karena tidak mempunyai prioritas dalam daftar anggaran belanja.

Padahal, ini sangat penting untuk menghemat dana, khususnya mereka yang bergaji pas-pasan. Selanjutnya, buku mendefinisikan kebutuhan sebagai harus dipenuhi. Sedangkan keinginan berarti hasrat memiliki. Dua kata tersebut berbeda sampai kapan pun (hal. 71).

Buku ini menawarkan solusi alternatif untuk menghindari kebiasaan buruk dalam manajemen gaji, misalnya membuat catatan barang yang akan dibeli. Banyak orang menyepelekan ini, sehingga barang yang dibeli di luar rencana anggaran. Padahal barang itu kurang dibutuhkan.

Perlu membatasi uang dalam dompet. Hal ini sangat efektif untuk menahan diri dari rasa penasaran untuk berbelanja karena uang di dompet tidak cukup. Bawalah uang yang betul-betul hanya untuk kebutuhan yang telah direncanakan. Belanja di tempat lebih murah dan tak perlu harus bermerek. Maka, orang perlu menurunkan gaya hidup agar lebih hemat.

Yang tak kalah penting harus membiaakan menabung. Jangan pernah menunda untuk memiliki tabungan, misalnya menunggu punya uang banyak, baru menabung, atau menanti kenaikan gaji, baru semangat menabung. Menabunglah berapa pun nominalnya.

Yang penting ada uang tersimpan setiap bulan yang tidak boleh dibelanjakan. Komitmen diri sangat diperlukan dalam menabung. Kerapkali seseorang gagal menabung karena tidak berkomitmen.

Menabung memiliki beberapa manfaat, di antaranya cadangan saat kehilangan pekerjaan (PHK). Tabungan dapat dimanfaatkan saat tak punya pemasukan. Uang tabungan juga bisa untuk biaya liburan. Semua memerlukan refreshing.

Kecuali itu, orang juga perlu berinvestasi. Dana ini juga bisa diambil dari tabungan. Sebaiknya, tak usah menunggu kaya untuk berinvestasi. Warren Buffet adalah seorang triliuner Amerika Serikat yang sukses berkat rajin berinvestasi. Investasi ini bisa diwujudkan dalam bentuk usaha kecil-kecilan atau lewat deposito.

Dengan demikian uang bulanan yang rutin menjadi sumber pemasukan akan terselamatkan demi kepentingan masa depan. Setiap orang harus berinvestasi. (Rofiqi Suhram - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31060050

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit