Tanaman Kelor; Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha Cetak E-mail
(5 votes)

Khasiat Tanaman Kelor untuk Kesehatan

Tanaman kelor atau Moringa Oleifera saat ini popular dengan julukan “tanaman mukjizat” atau the miracle tree. Kelor merupakan jenis tanaman sumber kaya nutrien atau zat gizi yang meliputi kandungan mineral, antioksidan, serta lemak dan asam animo esensial. Tanaman ini juga memiliki julukan lain sejak purbakala, di antaranya, the cyre all tree, elixir of long life, the tree of life. Kelor dapat tumbuh di daratan rendah dan bertahan hingga 20 tahun.

Hampir seluruh bagian kelor seperti akar, daun, polong, maupun kulit batang dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Kelor juga berpotensi besar membantu mengentaskan kekurangan gizi atau malnutrisi sehingga sangat baik dipromosikan dan direkomendasikan agar dikembangkan di kawasan penduduk sangat miskin (hlm 20).

Daunnya dapat dikonsumsi dalam bentuk segar atau dimasak. Bisa juga dikeringkan dulu, lalu digiling/ditumbuk menjadi bubuk. Mengonsumsi daun kelor tidak memberi efek samping. Hal ini dibuktikan berbagai hasil penelitian. Daun kelor juga baik dikonsumsi segala usia, termasuk ibu mengandung dan menyusui.

Bayi enam bulan ke atas bisa mengonsumsi kelor sebagai bubur pendamping ASI. Sebab daun kelor merupakan sumber pangan kaya nutrisi baik serat yang larut maupun tidak, senyawa pati, beta karoten, mineral, yudisium, lutein, dan zeatin (hlm 100).

Daun kelor juga berperan sebagai penyokong sistem imunitas alami yang sangat efektif sehingga amat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Dia juga mengandung antioksidan sangat kuat sebagai suplemen dan menjaga fungsi imunitas tubuh secara alami.

Fungsi lain sering sebagai suplemen makanan untuk menurunkan berat dan meningkatkan berat badan. Secara istimewa dan unik daun kelor memiliki kadar seluruh makro dan mikro nutrien. Mengonsumsinya tubuh akan memperoleh senyawa gizi.

Malahan secara alami dapat meningkatkan libido pria dan wanita atau mengobati disfungsi seksual. Bahan yang biasanya digunakan adalah cabang kelor yang masih sangat muda, lunak, dan berwarna hijau. Kulit cabang dikupas, langsung dikunyah. Bijinya juga memiliki potensi serupa (hlm 32).

Yang sulit tidur bisa terbantu dan juga memperbaiki daya lihat. Para pakar dan peneliti seluruh dunia menyatakan, kelor mengandung senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Rahasianya, terletak pada kenyataan bahwa kelor sangat kaya akan catechin polyphenol, terutama epigallocatechin (EGCG) yang merupakan senyawa antioksidan. Senyawa ini juga mampu menghambat pertumbuhan dan membunuh sel kanker, tanpa harus mengganggu sel tubuh yang sehat.

Jadi, kelor bukan saja baik untuk dikonsumsi anggota keluarga, tapi juga berpotensi besar untuk menanggulangi berbagai penyakit. Kini dia menjadi bahan bisnis menggiurkan. Di berbagai negara telah banyak bermunculan bisnis dengan produk berbahan dasar kelor baik sekala kecil, menengah, maupun besar dengan teknologi canggih (hlm 48).

Berbagai peluang bisnis yang dapat dikembangkan di antaranya budidaya produksi tanaman kelor secara komersial dalam industri rumah tangga sampai ke tingkat perkebunan. Bentuk industri lain adalah pengolahan hasil panen berupa mengolah daun kelor dalam berbagai produk seperti bubuk kering, teh, dan hasil fermentasi teh. (Asnawi Susanto - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
TANAMAN OBAT

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31545288

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit