9 Smart Strategies to Be A Young Entrepreneur Cetak E-mail
(1 vote)

Langkah Cerdas Jadi Pengusaha Muda

Jumlah wirausaha Indonesia masih kalah dari tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Salah satu penyebabnya generasi muda Indonesia pada umumnya lebih tertarik menjadi pegawai daripada membuka usaha sendiri. Tambah lagi para orang tua yang merasa lebih bangga dan bergengsi jika putra-putrinya bisa diangkat jadi pegawai.

Pandangan seperti ini perlu diubah dengan melakukan revolusi di bidang kewirauahaan. Mereka yang baru lulus kuliah harus dibimbing dan dididik agar tidak memandang sebelah mata keberadaan sektor wirausaha. Kewirausahaan memiliki peran strategis bagi kemajuan perekonomian bangsa menjadi salah satu solusi dalam mengurangi tingkat pengangguran, menambah daya tampung tenaga kerja dan sebagai generator pembangunan.

Banyak cara untuk membangkitkan semangat berwirausaha. Salah satunya, dengan membaca buku 9 Smart Strategies to Be A Young Entrepreneur yang berisi beberapa strategi memulai bisnis dari nol. Mengubah cara pandang merupakan bahasan awal buku ini. Mengubah pola pikir yang sudah tertanam kuat bukan perkara mudah, tapi bukan mustahil. Generasi muda perlu mendapat pencerahan dan pengetahuan berkaitan dengan keuntungan dan kelebihan menekuni dunia wirausaha daripada menjadi pegawai.

Mindset adalah pandangan mental seseorang yang memengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi suatu fenomena. Mindset terdiri dari seperangkat asumsi, metode, atau catatan seseorang atau kelompok yang tertanam kuat. Mindset merupakan sikap mental mapan yang terbentuk melalui pendidikan, pengalaman, dan prasangka (hlm 47).

Mengubah pola pikir juga tidak dapat dilakukan secara instan, tapi harus secara bertahap dan berkesinambungan. Karena itu, harus diciptakan iklim dan pembiasaan yang dapat mengubah mental para pemuda lewat pelatihan singkat tentang kewirausahaan. Setelah mampu mengubah pola pikir, seorang calon pengusaha juga harus memiliki soft skill. Soft skill merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang dalam mencapai kesuksesan dalam karier.

Soft skill dapat dikatakan sebagai sekumpulan karakter seseorang, daya tarik sosial, kemampuan berkomunikasi, kebiasaan diri, kepekaan terhadap diri dan orang lain serta rasa percaya diri. Soft skill hadir bukan lagi sebagai pelengkap hard skill, melainkan lebih kepada faktor utama dalam menjadikan seseorang sukses berkarier di bidang apa pun (hlm 69).

Maka, setiap siswa dan mahasiswa perlu dibekali berbagai kemampuan keterampilan berhubungan dengan soft skill. Keterampilan inilah yang akan menjadikan mereka mampu bersaing dan berkompetisi di dunia kerja atau usaha. Era digital saat ini sangat membantu mewujudkan berbagai impian, termasuk wirausaha sukses. Kita bisa menggali informasi dan ide usaha melalui internet. Atau jika memungkinkan bisa belajar langsung dari pengusaha sukses. Belajarlah dari mereka tentang seluk-beluk kewirausahaan baik teori, strategi maupun motivasi menjadi wirausaha sukses.

Selain dituntut mampu mengubah mindset dan memiliki soft skill, calon pengusaha sukses juga perlu menerapkan strategi lain seperti learning by doing, building entrepreneur characters. Kemudian, memahami prinsip-prinsip memulai bisnis, menjadi pribadi kreatif, membangun jaringan, dan menguasai strategi pemasaran. (Wardatul Hasanah - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 30341516

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit