Resign Malu Tak Resign Pilu Cetak E-mail
(1 vote)

Berpikir Sebelum Memutuskan "Resign"

Setelah lulus dari pendidikan yang ditempuh bertahun-tahun, salah satu momen bahagia dalam hidup seseorang ketika mendapat pekerjaan pertama kali. Dalam bekerja, ada yang selalu semangat seperti awal-awal, namun tidak sedikit pula yang semangatnya menurun, bahkan hilang karena ketidaknyamanan atau tak sejahtera.

Situasi tersebut dapat mendorong seseorang memutuskan untuk resign atau berhenti yang memang jamak dalam dunia kerja. Namun, ini bisa menjadi dilema kalau belum ada gambaran pekerjaan baru. Belum lagi, kekhawatiran pekerjaan baru tidak sesuai dengan harapan. Maka, dibutuhkan kecermatan dan kematangan keputusan berhenti. Selalu ada yang harus dikorbankan dalam setiap keputusan.

Buku ini membantu para pekerja yang sedang mengalami dilema antara bertahan dan resign. Buku dibagi ke dalam tiga bahasan, yaitu (1) Ketika Fresh Graduate Mencari Kerja, (2) Masa Kantoran, dan (3) Resign Vs Bertahan.

Kaum fresh graduate sebaiknya jangan fokus pada gaji tinggi saat mencari pekerjaan karena pengalaman dan keterampilan yang baik sangat diperlukan untuk pengembangan diri. “Jadilah pribadi yang pantas digaji tinggi. Caranya miliki dan asahlah kompetensi” (hal. 28). Ada beberapa tip untuk mencari pekerjaan berbagai bidang yang dapat dipilih.

Pada bagian buku yang berjudul Masa Kantoran, disampaikan saran dan motivasi para pekerja agar dapat menjadi pegawai yang sukses dan berprestasi. Setiap orang menginginkan hidup sukses. Demikian juga para pegawai. Mereka menginginkan posisi dan jabatan tinggi dalam lingkungan kantor. “Sukses itu bukan soal posisi, tetapi bagaimana bisa menjadi inspirasi orang lain dan memberi banyak manfaat orang lain” (hal. 99). Jadi ketika sudah bekerja, jadilah pribadi yang profesional.

Untuk mencapai sukses, diperlukan kerja keras, tekun, dan fokus. “Jika ingin diperlakukan istimewa, jadilah spesial” (hal. 95). Menjadi istimewa impian banyak orang. Namun hanya mereka yang yakin, fokus, dan tekunlah akhirnya bisa mencapai. Buku ini juga memberi solusi menghadapi permasalahan di lingkungan kerja, seperti cara menghadapi rekan dengan sifat tidak baik: pemalas, penjilat, suka mengadu domba, dan sebagainya.

Pada bagian akhir buku dilampirkan berbagai pertimbangan saat pegawai mengalami dilema antara bertahan atau berhenti. “Cintai yang dikerjakan dan kerjakan yang dicintai, maka itu sudah cukup menjadi alasan untuk bertahan” (hal. 153). Sering kali pekerjaan saat ini belum dicintai, tapi menghidupi. Pekerjaan akan menyenangkan kalau menjadi passion. Namun, tidak semua bekerja sesuai dengan passion. Sekarang ada pilihan resign atau berusaha mencintai pekerjaan. Apabila memutuskan resign, harus sudah mempersiapkan secara mental maupun materi. Tujuannya, agar resign dapat dilakukan dengan tenang.

Atau memilih berusaha mencintai pekerjaan, meskipun tidak mudah, namun dapat diupayakan. Posisi sebagai pencari nafkah keluarga dapat menjadi pertimbangan berusaha mencintai pekerjaan. Pada saat mengalami dilema perlu diingat kembali alasan bekerja. “Ketika terlintas untuk menyerah, pikirkan kembali untuk apa memulai” (hal. 194). (Siti Nuryanti - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI - KARIR

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31059929

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit