Islam Mengasihi Bukan Membenci Cetak E-mail
(1 vote)

Seni Pergaulan Rasulullah dengan NonMuslim

Islam Mengasihi Bukan MembenciBuku ini mengisahkan interaksi Rasulullah dengan nonmuslim. Menurut Nurul H. Maarif, penulis buku ini, banyak umat Islam yang tidak tahu bagaimana sesungguhnya sikap Rasulullah terhadap nonmuslim selama 23 tahun berdakwah. Ketidaktahuan ini mengakibatkan mereka gamang berhadapan dengan orang yang tidak seakidah. Tidak jarang antipati dan menyesatkan. Pesan dasar buku ini adalah perbedaan keyakinan bukan penghalang untuk melakukan interaksi sosial secara harmonis. Pengikat kerukunan tidak hanya kesamaan akidah, namun juga nilai keadilan dan kasih sayang yang sifatnya lebih universal.

Rasulullah ketika mendapat intimidasi dari penentangnya di Mekah segera menyuruh umatnya untuk hijrah ke Habasyah, negara Nasrani yang dipimpin Nejus. Pertimbangan Rasulullah adalah keadilan Raja Nejus. "Apa pun latar belakang agamanya, jika ia menerapkan keadilan bagi seluruh lapisan penduduknya, maka kesejahteraan dan keamanan akan tercukupi dengan baik," tulis buku ini (hlm 53).

Sensitifitas perbedaan agama dalam kehidupan Nabi tidak pernah ada. Sekian banyak tokoh nonmuslim bertandang ke rumah Rasulullah untuk melakukan dialog sehingga menumbuhkan ikatan sosial yang kuat. Misalnya, larangan mencela sesembahan agama lain diputuskan Rasulullah -sebagaimana termaktub dalam surat al-An’am ayat 108 – setelah tokoh-tokoh nonmuslim berdialog dengan Rasulullah tentang fenomena tersebut. Sejak itu umat Islam diharamkan mencerca sesembahan agama lain – apa pun alasannya-karena itu sangat menyinggung perasaan dan rawan menyalakan permusuhan (hlm 89). Rasulullah juga membiarkan 60 orang Nasrani Najran melakukan kebaktian di Masjid Nabawi. Sebagian sahabat sebenarnya hendak mencegah, tapi Rasulullah meminta membiarkan mereka menyelesaikan ibadah mereka. (hlm 64).

Rasulullah juga mempercayakan perjalanan hijrahnya yang sangat rahasia kepada Uraiqit, pemuda pagan karena dia profesional memilih rute jalan yang cepat dan tepat. Rasulullah juga melakukan dagang dengan orang Yahudi. Dalam interaksi sosial sehari-hari, Rasulullah tidak pernah membedakan antara muslim dengan nonmuslim.

Buku ini menjelaskan tentang fenomena pembajakan ayat oleh sebagai kaum muslimin yang acapkali menjadikan ajaran Islam sumbu permusuhan. Tidak hanya dengan mereka yang beda agama, namun kepada sesama umat Islam yang berbeda politik, organisasi dan aliran fikih. "Seperti dinyatakan Farid Esack, agama dan kitab suci memang selalu menjadi wilayah perebutan untuk kepentingan-kepentingan pragmatis, hajat sesaat, termasuk di dalamnya kepentingan politik dan kekuasaan," tulis Nurul H. Maarif (hlm 161).

Sejarah Nabi Muhammad adalah jalan lain yang lebih pas untuk melihat bagaimana idealnya berinteraksi dengan perbedaan ketika interpretasi kitab suci yang cenderung ditafsiri karena beragam kepentingan. Buku ini penting dibaca sebagai pijakan historis toleransi Islam seperti yang dicontohkan Rasulullah dalam kehidupan Mekah dan Madinah yang plural. (Ahmad Hasinul Ansor)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28550400

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit