Grit; Kekuatan Passion + Kegigihan Cetak E-mail
(1 vote)

Menumbuhkan Ketabahan untuk Meraih Kesuksesan

Grit; Kekuatan Passion + KegigihanJika orang ditanya tentang kunci kesuksesan, banyak yang menjawab bahwa kerja keras adalah hal yang lebih penting daripada bakat. Meski demikian, dalam kehidupan sehari-hari faktanya kita cenderung untuk memberi tempat yang lebih istimewa pada orang yang dianggap berbakat. Penelitian Chia-Jung Tsay membuktikan “bias bakat” yang diam-diam menguasai kecenderungan banyak orang (hlm 27–28).

Buku berbasis penelitian ini memperlihatkan, rahasia kesuksesan sebenarnya terletak pada perpaduan antara hasrat (passion) dan kegigihan (perseverance) yang disebut ketabahan (grit). Orang sukses tahu secara sangat mendalam keinginannya. Dia juga tahu arah melangkah. Selain itu, dia juga luar biasa tegar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan yang ditetapkan (hlm 9).

Buku ini menggarisbawahi, keterpesonaan pada bakat dapat membuat orang menjauh dari jalan kesuksesan. Sebab bila terarah pada bakat, maka upaya atau kerja keras akan kurang diperhatikan. Buku mengutip filsuf besar Jerman, Nietzsche, yang menyatakan bahwa ketika menilai seseorang itu istimewa (berbakat), orang terdorong untuk tidak menyainginya. Dia kemudian seperti diperbolehkan untuk tidak bekerja keras setiap berhadapan dengan sosok berbakat.

Nilai paling penting buku ini bukan terletak pada pemaparannya tentang kunci kesuksesan, tapi cara menumbuhkan ketabahan. Pada bagian awal, buku mengembangkan skala untuk mengukur ketabahan seseorang pada saat tertentu. Ketabahan ditumbuhkan dari dalam ke luar dan sebaliknya. Ketabahan dapat ditumbuhkan dari dalam dengan menegaskan dan memupuk minat, kebiasaan, dan kemampuan berlatih secara terfokus. Kemudian, merumuskan tujuan dalam berbagai kegiatan atau pekerjaan. Juga memupuk kemampuan untuk bangkit setiap gagal. Semua ini aset psikologis yang dapat ditumbuhkan dari dalam diri seseorang sebagai bekal meraih kesuksesan (hlm 103–104).

Sedangkan dari faktor luar, ketabahan dapat ditumbuhkan dengan pengasuhan. Kata pengasuhan berasal dari bahasa Latin yang berarti “untuk membawa maju”. Buku ini lalu memperkenalkan model pengasuhan bijaksana ideal untuk mendukung ketabahan. Pada bagian ini, buku memberi pengertian jernih dan bisa menengahi model pengasuhan otoriter dan penuh kasih (hlm 233–253).

Buku juga menggarisbawahi, pengasuhan bukan hanya terkait ibu dan ayah. Guru, mentor, pelatih, atasan, bahkan teman, dapat berada dalam kerangka pengasuhan yang dapat menumbuhkan ketabahan. Buku ini ditulis dengan banyak contoh kasus yang sebagian besar merupakan hasil penelitian sehingga informasinya kaya data ilmiah.

Buku ini mencoba mengingatkan untuk mengalihkan fokus dan strategi dari kekaguman berlebihan pada bakat, tingkat IQ, dan semacamnya, pada upaya membentuk iklim hasrat dan kegigihan kuat. Buku ditulis mantan guru sekolah menengah yang kini menjadi profesor psikologi di University of Pennsylvania. Ini bisa menjadi bekal menyiapkan generasi mendatang yang sukses. (M Mushthafa)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28550469

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit