Tubuh Sehat, Giginya? Cetak E-mail
(1 vote)

Kesehatan Gigi dan Rongga Mulut Dijaga Sedini Mungkin

Tubuh Sehat, Giginya?Buku ini menyajikan cara benar menjaga kesehatan gigi dan mematahkan mitos di masyarakat. Kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting baik untuk fungsional (mengunyah atau bicara) maupun estetika (senyum dan lain-lain). Kesadaran memeriksakan gigi dan mulut idealnya dilakukan sedini mungkin.

Masalah yang kadang muncul adalah fluorosis atau kelebihan fluoride, bercak putih di gigi. Fluoride sendiri adalah mineral yang memperkuat email gigi dan melindungi terhadap karies (lubang gigi). Memang fluoride ini panting untuk gigi, tapi jika berlebihan bisa menjadi bahaya.

Maka, semua harus menghindari atau mengurangi makanan dan minuman yang mengandung fluoride, seperti ikan, anggur, teh, dan minuman ringan lainnya (hal. 3). Cara menyikat gigi harus benar agar tetap sehat. Caranya, dengan teknik bass yaitu dari merah ke putih (dari arah gusi ke gigi). Gigi disikat dengan gerakan memutar dan merata ke seluruh permukaan gigi.

Jangan menyikat gigi terlalu keras dan horizontal karena gigi bisa mengalami abrasi atau hilangnya email atau lapisan luar yang melindungi gigi (hal. 64). Perlu diketahui, gigi sangatlah sensifit. Ketika selembar serat daging menempel di gigi, pasti akan terasa sangat mengganggu. Padahal ketebalannya mungkin hanya 0,1 milimeter. Karena itu, rasa sakit biasa pun akan amat serius jika terjadi di daerah mulut. Singkatnya, gangguan sedikit pada gigi dan mulut dapat membawa dampak buruk besar bagi kesehatan (hal. 67).

Mitos yang paling sering terdengar, mencabut gigi bisa mengakibatkan kebutaan. Padahal faktanya bukan seperti itu. Runtutan saraf mata dan mulut secara jelas tidak ada hubungan. Hanya, jika ada pasien yang berbohong bahwa giginya masih sakit dan memaksa dicabut, ada kemungkinan kuman di gigi masuk ke dalam pembuluh darah kapiler. Ini bisa menyumbat pembuluh darah yang mengalir ke mata, sehingga pemandangan akan kabur, bukan buta. Kejadian itu bisa disembuhkan dengan antibiotik dosis tinggi (hal. 70).

Maka, sangat penting diketahui, mencabut gigi tidak boleh dalam keadaan gigi sakit ataupun gusi bengkak berisi nanah. Di era moderen, sebenarnya gigi berlubang sampai terkena sarafnya bisa ditambal, tetapi harus dirawat dulu menggunakan teknik endodontik. Ini teknik mewarat saluran akar gigi dan mengisinya dengan bahan-bahan pengisi saluran akar. Pengisian ini membuat gigi tidak perlu dicabut.

Ada mitos gigi kiri berlubang, lalu diikuti bagian kanan. Ada yang mengatakan akibat ulat menyebar ke gigi lain. Tentu saja anggapan itu keliru. Ini terjadi karena naluri. Ketika gigi sakit karena berlubang, secara otomatis kita tidak menggunakan gigi tersebut untuk mengunyah. Kita akan memilih menggunakan gigi di sebelahnya untuk mengunyah.

Pengunyahan secara terus menerus inilah yang lama kelamaan membuat gigi lain ikut rusak juga, berlubang, dan abrasi, sehingga sakit. Selain membahas berbagai keluhan gigi, buku juga memaparkan pentingnya menjaga kesehatan rongga mulut karena cerminan kesehatan diri secara utuh. Sebab gambaran penyakit tubuh bisa terlihat dari rongga mulut.

Tidak ketinggalan dijelaskan pula tentang beberapa tanaman obat yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi seperti bawang putih yang memiliki antibiotik alami. Jahe memiliki khasiat untuk menghilangkan bengkak dan sakit. Intinya, penting menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut sedini mungkin. (Ratnani Latifah - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27935798

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit