50 Ide Bisnis Bermodal 5 Jutaan Cetak E-mail
(1 vote)

Memulai Bisnis Bermodal Minim sebagai Womenpreneur

50 Ide Bisnis Bermodal 5 JutaanBerbisnis saat ini tak hanya terbatas pada kaum laki-laki saja. Kaum wanita juga bisa. Bahkan, dari tahun ke tahun pebisnis wanita terus naik jumlahnya. Setidaknya, menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2015, ada 52 juta pelaku UKM di mana lebih dari 60 persennya dikelola wanita (hal x). Ada banyak bisnis bermodal minim yang biasanya dilakukan kaum wanita. Beberapa di antaranya ada dalam buku ini, misalnya bisnis camilan, bantal karakter, penyewaan tanaman hias, katering, dan jahit.

Tak sekadar memberi ide bisnis yang mudah diterapkan, buku juga menggambarkan analisis usaha seperti break-event point, cost of acquisition, cash flow, serta profit margins yang matang. Selain itu, pada beberapa ide bisnis, dijelaskan juga cara memulai usahanya, misalnya bisnis goodie bag. Ada tip cara memilih bahan yang tepat serta membuatnya. Dengan bahan berupa kain katun dengan luas 1,5 meter persegi bisa jadi beberapa goodie bag yang dijual dengan harga 30.000 hingga 40.000 rupiah (hal. 22–25).

Atau untuk bisnis seserahan hantaran nikahan. Ada gambaran memulai usaha ini dengan mengajak pebisnis untuk punya kreativitas menciptakan seserahan yang menarik. Contoh, berkreasi menggunakan kain songket, batik, jumputan, lurik dan banyak lagi. Bila pun pebisnis tak bisa memulai sendiri, ada tips berkolaborasi dengan pengrajin untuk mendapat seserahan yang diinginkan (hal. 102-105).

Tak cuma memulai usaha, buku juga memberi tips agar usaha bisa terus berjalan, di antaranya dengan bergabung di komunitas, mengikuti seminar/pameran, serta sikap yang harus dimiliki para pelaku usaha. Selain itu, para pebisnis juga diharuskan terus belajar. Jangan cepat puas. Lakukanlah inovasi-inovasi baru yang bisa membuat usaha terus berjalan. Dengan begitu, konsumen terus berdatangan.

Untuk mereka yang baru memulai usaha, buku ini juga memberi tip cara memulai. Tak masalah bila awalnya meniru usaha dan mengembangkannya menjadi lebih baik. Sebab, yang paling penting dari sebuah usaha adalah kualitas dan cara memasarkan. Selain tip cara memulai usaha, buku juga memberitahu cara memasarkan produk yang tepat baik online  maupun offline.

"Tanyakan pada diri, ‘apa yang menjadi minat terbesar dalam diri saya?" Temukanlah hal-hal ajaib dalam diri yang tanpa disadari sebagai modal terbaik,” ujar penulis (hal. 6). Sebenarnya, kunci utama berbisnis adalah kemauan. Jika pebisnis benar-benar mau menjalankan usaha, akan bersungguh-sungguh dan tak ayal sukses. Selain itu, pebisnis yang baik harusnya juga menerapkan etika. Jangan hendak untung besar, tapi produk dan pelayanan ke konsumen minim. Jika demikian, usaha tidak akan bertahan lama. Percayalah, bisnis yang lahir dari hati yang bersih akan lebih langgeng. Usaha apa pun tak lepas dari masalah. Buku ini memberi solusi tepat menangani masalah. Selain itu, diajarkan juga cara bangkit setelah masalah terjadi.

Memulai bisnis memang tak mudah. Tapi, tak sesulit yang dibayangkan juga. Semua memang tak pasti. Namun, asal tahu strategi dan cara memulai, sukses akan mengikuti. Tak masalah meskipun awalnya meniru. Bahkan, ada banyak womenpreneurs yang tak keberatan usahanya ditiru dan membiarkan menjadi mentor pebisnis baru seperti penulis buku ini. (Siti Maisarah - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
WIRAUSAHA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28303707

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit