Happy Selling; Modal Senam Jari Jadi 100 Jeti Cetak E-mail
(1 vote)

Sukses Meraup Laba di Dunia Maya

Menjadi ibu rumah tangga bukan penghalang seseorang untuk menghasilkan uang. Perempuan bisa tetap dekat dengan anak dan menghasilkan pundi-pundi rupiah dari rumah. Buku ini menceritakan penulis hanya bermodal telepon dan jaringan internet mampu mendirikan Ayra Shop dan meraup keuntungan bersih 100 juta rupiah tahun pertama. Melalui buku ini, dia ingin membagi tips dan trik menggapai keuntungan di dunia maya.

Bagi para penjual pemula yang belum memiliki target market loyal, hindari penyetokan barang. Cobalah dropshipper dulu. Dropshipper adalah orang yang menjual barang langsung dari supplier.

Di titik ini, kecermatan penjual mencari supplier untuk toko online-nya menjadi penting. Diperlukan ketelitian memilah supplier yang mampu menjalin relasi secara baik serta menyediakan pasokan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Salah memilih pemasok bisa berakibat fatal. Beberapa kasus membuktikan uang sudah ditransfer, barang tak kunjung dikirim (hlm 51).

Dalam konteks jenis barang yang dijual, upayakan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, saat musim penghujan, cobalah memasarkan sprei waterproof. Minat pembeli akan melonjak dibanding musim kemarau. Jika cara memasarkannya keliru tentu responsnya lemah. Mayoritas penjual salah langkah di tahap ini. Mereka terlalu fokus pada produk, sehingga lupa kebutuhan orang. Banyak yang tumbang pada penjualan pertama. Tapi, jangan cepat patah semangat.

Mental merupakan modal utama ketika baru memulai bisnis online. Mental pedagang harus ulet, tangguh, disiplin dan tak malu berusaha. Mayoritas kendala memulai bisnis online adalah rasa malu. Contohnya, kerap dicemooh, sudah punya pekerjaan sebagai PNS, masih jualan (hlm 41).

Penjual juga harus memiliki mustika pemikat. Dalam bahasa bisnis kerap disebut personal branding. Jika penjual memilikinya, pembeli akan datang secara massal tanpa berpikir dua kali, bahkan selalu booming (hlm 96). Teori ini berkembang pesat sejak digulirkan tokoh manajemen Tom Peters pada 1997.

Personal branding merupakan persepsi yang tertanam dan terpelihara dalam benak orang lain. Tujuannya, orang lain berpandangan positif agar bisa mencapai kepercayaan konsumen. Hasilnya, semua yang dijual selalu laris manis di pasaran.

Cara mendongkrak personal branding mengasah kepiawaian dalam copywriting. Ini sebuah seni atau keterampilan menulis naskah promosi guna menarik minat konsumen. Strategi inilah yang mampu menyihir orang lain supaya membeli produk yang ditawarkan. Contoh, di paragraf awal ceritakan yang sedang dilakukan dan rasakan. Kemudian, sisipkan materi promosi dagangan di paragraf selanjutnya. Infokan sesuatu secara mengalir dan semenarik mungkin. Libatkan emosi pembaca. Sebab, orang lain lebih suka kisah hidup yang kerap pula dirasakan pembaca (hlm 120-122).

Nah, sebisa mungkin bumbui dengan humor segar. Karena mayoritas orang sangat suka humor. Bahkan, bos Facebook, Mark Zuckerberg, mengakui bahwa orang Indonesia saat membagikan joke-joke atau meme-meme selalu memiliki rating tinggi.

Setelah penjulan online berjalan dan berkembang pesat, jangan lupa berbagi rezeki kepada orang lain. Sebab dengan banyak memberi akan menerima lebih banyak. (Ahmad Jauhari - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
WIRAUSAHA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27589204

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit