Novel Baswedan Cetak E-mail
(1 vote)

Sosok Berintegritas dalam Memberantas Korupsi

Novel BaswedanNovel Baswedan adalah salah satu penyidik KPK yang dinilai amat berani dalam pemberantasan korupsi. Banyak kasus korupsi besar yang berhasil dibongkar. Sayang itu harus dibayar mahal. Dia dikriminalisasi. Motornya ditabrak, tubuhnya terluka. Bahkan pada insiden terakhir Novel hampir buta karena disiram air keras (hal. 19).

Namun yang mengesankan, meski nyawa menjadi taruhan, dia tidak pernah gentar. Dia malah semakin berani dalam membongkar praktik korup. Sikapnya itu semakin menunjukkan dia memiliki integritas tinggi dalam memerangi korupsi. Selain itu, dalam membabat habis para pelaku korupsi, Novel tidak pernah pandang bulu. Jika memang bersalah harus ditindak, bahkan jika itu atasannya. Hal inilah yang membuatnya dianggap simbol penegak hukum dan antikorupsi Indonesia.

Dia lihat, korupsi jauh lebih parah daripada perampokan. Maka, korupsi harus diperangi. Dia tidak mau bangsa dan negara Indonesia dirusak, bahkan diruntuhkan para koruptor. Mengingat korupsi amat mengganggu kepentingan bangsa dan negara. Dia merampas hak-hak seluruh warga. Korupsi juga merampas hak negara untuk bisa berkembang dan maju (hal. 90).

Beberapa kasus yang pernah diungkap, antara lain, korupsi atau suap cek pelawat pada pemilihan Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia tahun 2004. Dalam kasus ini terjerat  mantan Wakil Kepala Polri Komjen (Purn) Adang Daradjatun, Nunun Nurbaeti dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda S Goeltom. Selain itu, Novel juga membongkar pratik korupsi ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar. Dia juga membongkar kasus suap atau korupsi Seskemenpora yang melibatkan Muhammad Nazaruddin, Bendahara Partai Demokrat. Tidak ketinggalan, korupsi e-KTP dan masih banyak lagi (hal. 91-93).

Komitmen Novel dalam memberantas korupsi tidak diragukan lagi. Sebagai penyidik KPK, dia sangat loyal pada tugas-tugas dan tanggung jawabnya. Dia tidak mudah dipengaruhi, termasuk oleh koleganya. Bahkan orangtuanya pun tidak bisa mempengaruhi. Salah satu sumber di KPK memaparkan, “Novel tidak dapat diintervensi oleh siapa pun dengan berbagai ancaman. Dia sosok penegak hukum sejati” (hal. 112).

Hal inilah yang kemudian membuat banyak pelaku korupsi takut dan membencinya. Mereka meneror. Beberapa kali ditabrak hingga disiram air raksa. Akan tetapi, teror itu sama sekali tidak pernah menyurutkan semangat Novel memerangi korupsi negeri ini. Sebaliknya, dia malah semakin tertantang dan semangat untuk berjuang mengalahkan korupsi.

Dia berkata, “Selama kita berbuat benar, tidak ada alasan untuk takut.” Karena dalam prinsipnya, hanya Allah yang patut ditakuti. Novel juga berkata, “Benar itu tidak mengurangi umur. Takut juga tidak menambah umur. Jadi,  kita tidak boleh menyerah. Jangan memilih takut karena Anda akan menjadi orang tidak berguna” (hal. 170).

Buku ini dipaparkan dengan bahasa yang lugas dan aktual. Sepak terjang Novel dalam memberantas korupsi tentu sangat patut diteladani. Semua harus mendukung upaya yang dilakukan dalam menegakkan hukum negeri ini. Pembaca perlu meneladani sikap Novel yang tidak pernah menyerah dalam berbagai situasi sulit. Selalu ada Allah tempat bersandar dan malaikat yang selalu melindungi. (Ratnani Latifah - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
SOSIAL & POLITIK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27975189

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit