My Brief History; Sejarah Singkat Saya Cetak E-mail
(1 vote)

Menengok Kehidupan Pribadi Hawking

My Brief History; Sejarah Singkat SayaBuku Sejarah Singkat Saya pertama kali terbit berbahasa Inggris tahun 2013. Stephen Hawking cukup tenar di Indonesia walaupun tidak banyak yang rela pusing mendalami pemikirannya. Hawking terlahir dari keluarga intelektual meskipun tidak kaya. Orang tuanya lulusan Oxford. Ayahnya mengambil kedokteran dengan beasiswa. Ibunya memiliki karier sebagai inspektur pajak dan kemudian menjadi sekretaris.

Hawking diusahakan lebih cemerlang dari kedua orang tuanya. “Ayah ingin saya masuk Oxford atau Cambridge,” katanya (hlm 41). Hawking mendaftar beasiswa Oxford pada umur 17. Sampai di sini hidupnya masih berjalan mulus karena berhasil mendapat beasiswa jurusan fisika. Hari-harinya diisi dengan kesenangan sebagai jurumudi di klub perahu. Dia memiliki banyak teman dan terlalu bersantai. “Saya pernah menghitung bekerja sekitar seribu jam pada tiga tahun. Rata-rata satu jam kerja per hari,” ujarnya (hlm 51).

Hawking merasa tubuhnya kikuk menjelang lulus Oxford. Dokter mengharuskan mengurangi minum bir. Tubuhnya semakin kikuk setelah menjadi mahasiswa pascasarjana di Cambridge. Dia jatuh saat berseluncur di danau di St Albans. Ibunya membawa ke dokter keluarga. Dia terguncang karena sakitnya tak bisa disembuhkan, dan beberapa tahun ke depan akan meninggal (hal 65).

Hidupnya kembali bergairah setelah bertemu Jane Wilde, tunangannya. Ia menulis, “Saya jadi punya sesuatu yang membuat hidup layak dijalani,” (hlm 67). Kisah cinta mereka ditulis amat singkat, namun terasa hubungan itu mengubah hidupnya.

Hawking harus bekerja. Ia mulai serius menekuni bidang keilmuannya dan berhasil menikah setelah mendapat beasiswa riset. Perhatiannya pada kosmologi semakin meningkat. Ia menaruh perhatian penuh pada gelombang gravitasi, ledakan besar dan lubang hitam. Bukunya A Brief History of Time masuk daftar terlaris New York Times selama 147 pekan. Kemudian juga di Times London selama 137 pekan. Dia diterjemahkan ke dalam 40 bahasa, dan terjual 10 juta eksemplar (hlm 129-131).

Kemapanan karier tidak diimbangi dengan hubungan pernikahannya. Jane semakin depresi dengan kondisi fisik Hawking. Ia memilih menjalin hubungan dekat dengan Jonathan Jones, seorang pemain organ di gereja. Hawking yang cemburu memilih meninggalkan rumah dengan menyewa sebuah flat bersama perawatnya, Elaine Mason. Hawking menikahi Elaine, namun hubungan keduanya juga tidak mulus dan bercerai pada 2007. Dia hidup sendiri, ditemani pengurus rumah (hlm 121).

Buku ini diselingi foto-foto dari bayi hingga dewasa. Di awal halaman disambut hangat foto Hawking kecil. Buku Sejarah Singkat Saya juga menghadirkan kepolosan semasa kecil. Selebihnya, beberapa halaman hanya berisi kutipan yang ditulis ulang dari narasi kisah hidup Hawking. Penderita penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis ini menutup kisahnya justru dengan sebuah kebanggaan, memiliki tiga anak dengan karier cemerlang. (Sarah)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28303716

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit