Sejarah Para Raja dan Istri-istri Raja Jawa Cetak E-mail
(1 vote)

Menelusuri Jejak Nusantara dari Masa Kerajaan

Sejarah Para Raja dan Istri-istri Raja JawaBerdasarkan Babad Tanah Jawa, sejarah raja-raja Jawa dapat dilacak melalui prasasti dan bukti sejarah lain. Prasasti Sojomerto (670–700) menyatakan seorang raja Jawa tertua di masa sejarah adalah Santanu. Prasasti tersebut juga menyebutkan, di Batang (Jawa Tengah) telah berdiri sebuah kerajaan yang dikuasai Dapunta Sailendra tahun 674.

Pascakeruntuhan Mataram Kuno yang ditandai dengan Mahapralaya semasa pemerintahan Darmawangsa Teguh, kerajaan-kerajaan dengan raja-raja baru di Jawa muncul dan tenggelam satu per satu secara berantai. Kerajaankerajaan itu, antara lain Kahuripan, Kediri, Singosari, Majapahit, Kesultanan Demak, Pajang, dan Mataram Islam.

Tumapel merupakan wilayah pecahan Jenggala yang menjadi bagian kekuasaan Kediri sejak pemerintahan Jayabaya hingga Kertajaya. Kertajaya mengangkat Tunggul Ametung sebagai akuwu (setara bupati) di Tumapel. Berbicara mengenai Tumapel tidak bisa dilepaskan dengan berbagai peristiwa yang ditimbulkan oleh cinta Akuwu Tunggul Ametung kepada Ken Dedes, Ken Arok, Kutukan Mpu Parwa dan Mpu Gandring. Sejarah Tumapel banyak diwarnai nuansa romantik serta lumuran darah para kesatria.

Kertanagara merupakan salah seorang raja terbesar di Singosari karena penggagas penyatuan wilayahwilayah Nusantara. Gagasan tersebut telah direalisasikan dengan ekspansi kekuasaan Singosari tahun 1275 (hal. 101). Semasa pemerintahan Hayam Wuruk, Majapahit mengalami puncak kejayaan berkat peran Patih Amangkubhumi Gajah Mada. Puncak kejayaan Majapahit ditandai dengan terwujudnya gagasan penyatuan wilayah-wilayah Nusantara. Ini suatu gagasan yang pernah direalisasikan Kertanagara dan Tribhuna Wijayatunggadewi. Gajah Mada berhasil mengembangkan wilayah kekuasaannya di seluruh Nusantara dengan topangan spirit Sumpah Palapa serta program politik.

Menurut Mohammad Yamin, wilayah kekuasaan Majapahit, meliputi seluruh Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Semenanjung Melayu, Nusa Tenggara, Bali, Sulawesi, Maluku, dan Irian Barat (hal. 143–144).

Program politik Gajah Mada di mata para menteri tampak sebagai sesuatu yang mustahil diwujudkan karena banyak menteri tidak memahami program politik itu. Mereka justru mencemooh Gajah Mada. Sehingga, untuk mewujudkan program tersebut, Majapahit merombak susunan menteri secara besar-besaran. Sebelum munculnya program politik Gajah Mada, wilayah Kerajaan Majapahit hanya meliputi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Sejarah adalah sesuatu yang tidak terjadi dua kali. Membaca sejarah dapat meningkatkan rasa memiliki Tanah Air. Merawat peninggalan sejarah dengan menelusuri cikal bakal Indonesia dari masa kerajaan. Menilik jejak sejarah raja-raja dari Mataram Kuno hingga Mataram Islam memang amat menarik. Karena selain dapat memperluas pengetahuan tentang sejarah, pembaca dapat memetik kearifan dari balik kebijakan para raja semasa memimpin.

Buku ini membahas tentang raja-raja, para istri raja yang memiliki andil besar kesuksesan seorang raja dalam memimpin kerajaan. Di dalam buku juga dikupas secara tuntas dan mendalam biografi istri-istri setiap raja sejak masa Kerajaan Medang periode Jawa Tengah hingga Kerajaan Kesultanan Yogyakarta dan Pakualaman atau dari masa Mataram Kuno hingga Mataram Islam. (Teguh Wibowo - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
SEJARAH NASIONAL

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31801538

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit