Core Christianity Cetak E-mail
(1 vote)

Pemahaman Doktrin Kristiani yang Membumi

Core ChristianityKeyakinan tidak bisa dipaksakan. Ia juga harus dikenal dengan baik. Kristen sebagai agama yang diturunkan Allah, jelas mewar­takan hal luar biasa, bahkan kadang mustahil menurut akal. Namun, mela­lui Yesus, pesan yang tampak utopis tersebut dijembatani dengan beragam kisah sehingga terasa begitu dekat, dikenal, dan menjadi bagian kisah umat yang meyakininya.

Kelahiran Yesus adalah kunci penting membumikan firman Tuhan sehingga bisa dikenal, dirasakan, diyakini, dan diamalkan. Doktrin yang biasanya taken for granted alias dite­rima begitu saja, dalam konteks Kris­ten tidak berlaku. Padanya, akal dan iman dipadukan sehingga keyakinan tumbuh di atas kesadaran.

Buku ini secara garis besar menya­jikan urutan dasar meyakini doktrin Kristen yang diawali dengan pema­haman tentang drama faktual yang dikisahkan dalam Alkitab. Kisah-kisah tersebut akan terus terulang dalam momen, konteks serta format berbeda, namun dengan esensi sama. “Salah satu alasan orang Kristen mendapati Alkitab sulit karena belum melihat be­tapa berbagai bagiannya cocok dengan drama yang terbentang sejak pen­ciptaan dan kejatuhan sampai keluaran dan penebusan, terus berlanjut hingga penciptaan baru. Alur kisah dengan Kristus sebagai tokoh sentral menghubungkan semuanya,” kata Michael Horton, penulis buku ini (hlm 17).

Urgensi kisah dimiliki semua ideologi dan agama-agama dunia. Ki­sah tertentu menjadi titik balik pema­haman, keyakinan sekaligus referensi problem solving atas persoalan hidup oleh mereka yang meyakininya. Ketika umat Buddha menghadapi persoalan, akan mencari penyelesaian dari kisah-kisah Buddha. Begitu pula Yahudi, Islam, dan umat Kristen.

Kisah tersebut menjadi doktrin kare­na tidak sekadar dipahami sebagai fakta sejarah, namun diyakini sebagai way of life absolut. Misalnya, kisah penyaliban dan kebangkitan Kristus pada 1 Korintus 15:1-5. Darinya umat Kristiani menda­pat satu doktrin penting sebagaimana termaktub pada Roma 4:25, “Diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkit­kan karena pembenaran kita.”

Dengan kata lain, penyaliban Yesus karena dosa-dosa pelanggaran kita di dunia. Dengan penyalipan itu, dosa-dosa umat manusia ditebus dan diangkat dari yang sebelumnya bukan umat Allah dan tidak dikasihi, men­jadi bagian umat Allah, para pewaris bersama Kristus atas seluruh kekayaan dan kasih karunia-Nya (hlm 96).

Pada titik inilah, umat Kristiani mesti melakukan doksologi, pujian, rasa syukur atas anugerah tersebut. Di­angkat sebagai umat Allah dan pewaris-Nya merupakan anugerah teragung karena bersama-Nya, mereka akan melewati kisah-kisah luar biasa, yang terkadang tidak bisa dijangkau logika.

Tugas umat Allah adalah dis­cipleship atau kemuridan untuk mewartakan kebaikan. Ajak mereka agar merasakan keagungan serupa. Tuntun mereka ke kerajaan Allah yang dijanjikan. Di titik ini, umat Kristiani sudah menjadi Kristus karena telah menyerap firman Allah tidak pada level egosentris, melainkan pada level altruis di mana fokus utamanya membentangkan kasih Allah kepada segenap manusia (hlm 196).

Tahapan-tahapan meyakini doktrin Kristen seperti tadi sebenarnya juga dilakukan Paulus. Simaklah suratnya kepada jemaat di Roma. Awalnya dia mengisahkan tentang kitab-kitab Allah yang telah dijanjikan. Lalu dia menjelaskan doktrin tentang dunia yang terkutuk di bawah Hukum Taurat, namun dibenarkan dengan cuma-cuma oleh karena kasih-karunia-Nya melalui iman dalam Kristus. (Moh Zammil Rosi - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KRISTEN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28790051

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit