Satu + Satu = Tiga Cetak E-mail
(1 vote)

Belajar Kreativitas dari karya Terbaik Dunia

Satu + Satu = TigaPepatah kuno mengatakan, “Non Nuovo sub sole” (Tidak ada yang baru di bawah matahari). Penemuan terbaru sebenarnya hanya kreativitas merajut penemuan-penemuan lama dengan titik kombinasi baru. Semakin luas pengetahuan, tambah banyak pilihan unsur untuk dicari relevansinya, walaupun menurut sebagian orang, tidak bisa disatupadukan.

Menurut Steve Jobs, kebanyakan orang tidak punya pengalaman beragam. Mereka mungkin tahu banyak, tapi sedikit-sedikit. Jadi, mereka tidak memiliki banyak titik yang cukup untuk dihubungkan. Akhirnya, mereka hanya mendapat solusi linear yang bisa diprediksi. "Itulah masalah industri kreatif," kata pendiri perusahaan Apple tersebut (hlm 2).

Kreativitas juga tidak bisa ditebak kapan muncul. Ia semacam ilham yang tiba-tiba datang dari tumpukan pengetahuan yang sudah terbenam dalam pikiran. JK Rowlings dengan kreativitas luar biasa menulis Harry Potter berkonten dunia magis dalam balutan bahasa indah. Ide novel tersebut muncul dari pengetahuannya tentang dunia anak lintas batas dan penuh keajaiban. Bahasanya, terutama dalam mantra-mantra, bersumber dari pembacaan luas atas teks kuno.

Menurut Carl Ally, orang kreatif ingin tahu segalanya: sejarah kuno, matematika abad 19, teknik manufaktur modern, merangkai bunga, dan pasar berjangka untuk ternak babi di Amerika. "Mereka begitu karena tidak pernah tahu kapan gagasan ini akan dihimpun untuk membentuk baru. Hal itu mungkin terjadi enam menit atau enam tahun kemudian," kata Ally (hlm 3).

Dengan pengetahuan luas dan pengalaman matang, orang kreatif mengerti keterpakuan pada sebuah rumus paten yang merupakan hambatan terbesar kelahiran kreativitas. Out of the box adalah gaya nalar. Jika masih terikat pada satu formula, hasil tidak akan pernah baru. Ini hanya mengulang penemuan lama. Mereka juga melihat kegagalan sebagai berkah, bukan musibah (hlm 110–113).

Dalam industri marketing, orang tidak bisa dipaksa untuk menyukai satu produk, apalagi membelinya. Yang dianggap menarik dan penting oleh pikiran, belum tentu begitu menurut orang lain. Umumnya, orang menyedikan produk yang jelas-jelas dibutuhkan banyak orang. Orang kreatif lebih dari itu. Mereka justru membuat barang baru dan menciptakan orang merasa butuh. Mereka tidak dibentuk pasar. Merekalah yang membentuk pasar.

Hal demikian sangat mungkin terjadi, mengingat kreativitas melahirkan produk yang mewakili banyak kebutuhan masyarakat secara praktis atau memang ada, tapi sulit ditemukan. Akio Morita, co-founder merek Sony, pernah menggebrak. Dia membeli beberapa lusin perekam kawat pada akhir Perang Dunia II dengan harga murah. Dia menjualnya lagi, tidak laku. Dia pun menulis buklet kecil tentang segala sesuatu yang bisa dilakukan dengan perekam berkabel. Kemudian, dia mendistribusikannya ke semua sekolah. Semua sekolah membelinya setelah tahu manfaatnya.

“Sebelum Anda menjual jawabannya, jual dulu kebutuhannya," kata Dave Trott (hlm 182). Steve Jobs secara dramatis melakukan hal serupa. Dia punya tiga produk revolusioner yang akan mengubah cara berhubungan dengan dunia dan mengubah masa depan permainan. Komputer yang akan mengubah cara mengakses pengetahuan, informasi, dan teknologi. "Sebenarnya ini satu perangkat saja, Iphone." Tentu saja hadirin makin heboh karena Steve berhasil memberikan jawaban tiga kebutuhan mereka hanya dengan satu produk. Buku ini berisi kisah rahasia di balik kesuksesan besar produk dunia. (Mohammad Arief Yusran - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MANAJEMEN BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447884

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit