Happy Little Soul Cetak E-mail
(1 vote)
Lika-liku Mengasuh Anak
 
Menyelami kasih sayang ibu untuk anak proses tanpa ujung. Banyak usaha untuk memberi yang terbaik buah hati. Itulah kira-kira isi buku Happy Little Soul. Layaknya buku parenting, banyak tip dan trik mengasuh anak dalam bacaan ini. Pembaca diajak “belajar bersama” memahami dunia anak dengan penuh cinta (hal vii).
 
Ada suka duka selama hamil. Ya, sewajarnya ibu dengan kehamilan pertamanya bercampur antara bahagia, cemas, dan harapan tinggi segera lahir buah hati.
 
Setelah kelahiran anak pertama bernama Kirana, tantangan belum berhenti. Bahkan, “petualangan” baru tersaji dengan segala kebimbangan dan kebingungan menjadi ibu sesungguhnya. Juga diungkapkan keteguhan memberi ASI eksklusif, dibedong atau tidak, pakai atau tanpa bedak pascamandi, digendong atau ditidurkan. Ia sadar benar sebagai ibu harus menjadi leader (hal 25). Ia harus belajar dan terus mencari informasi serta konsultasi kepada para ahli. Dia ingin menjadi contoh baik bagi anaknya.
 
Perkembangan anak harus terus didampingi sescara penuh. Seorang ibu tetap tak lepas dari keresahan dan bahkan ketidaksabaran dalam mengasuh anak mulai dari belajar merespons gerakan, memahami tangisan, mengajarkan berkomunikasi, membacakan cerita, hingga menyugesti diri sendiri bahwa anak akan merasa nyaman dengan perlakuan-perlakuan (hal. 51).
 
Cerita tahapan pengasuhan anak dalam buku ini memang bukan sebuah panduan mutlak. Mengasuh anak tidak selalu soal teori. Bukankah setiap anak itu istimewa? Ada baiknya tidak memaksa anak menjadi master dalam semua. Mendampingi dan mengarahkan menjadi keniscayaan bagi setiap orang tua. Namun, praktik yang baik harus dipandu teori yang mendukung. Maka, belajar teori parenting kemudian disesuaikan dengan kondisi anak dan sekitarnya akan membantu memaksimalkan cara pengasuhan.
 
Melengkapi kisah, diselipkan juga tip pengasuhan dan mengajak pembaca menjadi orang tua kreatif. Misalnya, dengan membuat mainan sendiri dari bahan bekas sekitar rumah. Ini tentunya mengajak anak dalam membuat. Ciptakan suasana santai, terus berkomunikasi sepanjang kegiatan, dan tidak memaksa. Yang tidak kalah penting menemani bermain, sambil memberi contoh kebiasaan-kebiasaan baik. Ini termasuk yang terlihat sepele, namun sangat penting bagi anak kelak. Misalnya mengucapkan terima kasih, minta tolong, dan menyampaikan permintaan maaf (hal. 114).
 
Menjadi ibu harus terus belajar dan terus menggali pengetahuan baru. Menjadi ibu sukses tidak cukup dengan capaian-capaian yang kasat mata ada dalam diri anak. Perlu diingat, menjadi ibu sebuah tanggung jawab. (Santi Pratiwi T Utami - sumber: www.koran-jakarta.com)
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PARENTING

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25247937

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit