Big Magic; Creative Living Beyond Fear Cetak E-mail
(1 vote)

Butuh Keberanian untuk Hidup Kreatif

Elizabeth Gilbert lebih banyak dikenal lewat karya Eat Pray Love. Novel yang mengisahkan pencarian cinta dan spritualitas tersebut telah difilmkan dan sebagian setting-nya di Bali. Dia telah menulis tujuh buku dan yang terakhir ini menjelaskan proses pencarian harta karun dalam diri yang disebut big magic, keajaiban besar. Proses pencarian tersebut bernama kreativitas.

Elizabeth memahami kreativitas bukan dalam kerangka seni, melainkan lebih pada pencarian cita-cita hidup tiap orang. Kegagalan menemukannya akan mendatangkan kehampaan hidup. Penghalang utama kreativitas adalah ketakutan. Hidup dengan ketakutan jelas sangat membosankan. “Aku menyadari, ketakutan tidak ada variasinya, tidak ada maknanya, tidak ada wujudnya, dan tidak ada seninya,” kata Elizabeth (hlm 36).

Setiap orang memiliki cita-cita, namun berapa persen yang berani mewujudkan? Seorang seniman hebat dari Pittsburg, Jack Gilbert, acap kali bertanya kepada mahasiswanya tentang cita-cita mereka. Ketika ada yang menjawab ingin menjadi sastrawan, Gilbert bertanya apakah berani mewujudkan? Tanpa keberanian, tidak akan diketahui kemampuan maksimal. Mereka tidak akan mengenal dunia. Hidup akan selalu sempit, bahkan jauh lebih sempit dari perkiraan (hlm 24).

Buku ini menjelaskan beragam hal lumrah membuat orang tidak berani bertindak, misalnya takut tidak berbakat. Takut tidak dihargai. Minder, orang lain melakukan lebih baik. Takut diremehkan. Takut hasilnya tidak memuaskan. Takut tidak menghasilkan finansial yang cukup dst (hlm 30-33).

Seorang bernama Susan pada usia 40 kembali bermain papan luncur setelah puluhan tahun memutuskan berhenti karena merasa tidak berbakat. Alasannya, dia gelisah, jemu, dan sedih. Dia merasakan ada desakan batin yang selama ini tidak terpenuhi. Alasan utama, dia ingat merasakan benar-benar lepas dan bahagia waktu bermain papan luncur ketika remaja.

Akhirnya, dia membeli papan luncur, menyewa pelatih, dan mengabaikan suara dalam diri. Hatinya bersuara, “Dia konyol, gila, dan satu-satunya wanita tua di atas es di antara gadis-gadis 9 tahun.” Bisikan negatif itu dibuang jauh dan memantapkan diri untuk bermain papan luncur. Susan menemukan momen yang membuatnya benar-benar bahagia “Itulah yang dinamakan revolusi sejati karena dia memperoleh kembali semangat hidupnya,” kata Elizabeth (hlm 28).

Perlu dibedakan antara berani melakukan hal yang menakutkan dan berani tanpa rasa takut. Orang tanpa takut jelas sosiopat. Tanpa ketakutan, tidak ada keberanian dan kreativitas. Ketakutan untuk mencegah bahaya, namun tidak diperlukan untuk menumbuhkan kreativitas.

Buku ini menjelaskan hidup kreatif sesuatu keajaiban yang sulit dijelaskan karena serupa kekuatan supernatural, mistis, keimanan, kekuatan Tuhan atau sesuatu dari dunia lain. Itu alasan mengapa tidak semua orang bisa hidup kreatif, bahagia, dan memaksimalkan kemampuan yang tersimpan. Satu-satunya cara untuk berjalan di atas kreativitas dengan berupaya, yakin, fokus, serta tekun (hlm 200). (Redy Ismanto - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29808751

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit