Isi Kepala Jack Ma; Cara Gila Mendirikan Kerajaan Bisnis ALIBABA Cetak E-mail
(1 vote)

Belajar dari Jack Ma Mewujudkan Ide-ide Gila

“Jangan mempekerjakan orang yang paling berkualitas, tapi carilah yang paling gila. Anda membutuhkan orang dengan ide-ide yang berbeda untuk membuat perusahaan hidup, bukan orang-orang yang yes men.” Itu dikatakan Jack Ma saat mengutarakan siasat membangun kerajaan bisnis “Ali Baba”, sebuah perusahaan e-commerce. Ucapannya bukan omong kosong karena kini kekayaan Jack Ma mencapai 33,3 miliar dollar AS.

Jumlah ini bahkan di atas kekayaan konglomerat Hongkong, Li Ka-shing, 29,5 miliar dollar AS. Jack Ma menjadi orang paling kaya di Tiongkok dan nomor dua di Asia, tahun 2014. Sukses Jack Ma menjadi pembicaraan dunia. Dia mampu menandingi raksasa e-commerce seperti Amazon dan eBay. Bagaimana bisa? Padahal, ia berasal dari keluarga sederhana yang tumbuh di tepi West Lake, Hangzhou. Sebab dia bertindak “gila”. Kiat-kiat dan berbagai strategi sukses itulah yang diangkat buku ini.

Diawali masa kecil Jack. Lahir 10 September 1964, Jack melewati masa kecil saat Revolusi Kebudayaan. Di sekolah, dia bukan murid cemerlang, bahkan terkenal suka berkelahi. Namun, dia memiliki kelebihan kemampuan berbahasa Inggris. Keunggulan itulah yang kemudian mengantar menjadi penerjemah atau pemandu wisata, terlebih Hangzhou adalah kota pariwisata. Lulus kuliah, Jack Ma mengajar di institut teknologi, serta memberi kursus bahasa Inggris.

Perkenalannya dengan internet dimulai 1995 saat berkunjung ke Amerika Serikat (AS) sebagai penerjemah proyek jalan tol antara Kota Hangzhou (Provinsi Zhejiang)-Fuyang (Provinsi Anhui) yang melibatkan investor AS. Jack memperpanjang kunjungannya AS dengan pergi ke Seattle untuk belajar internet.

Ide membangun perusahaan berkaitan dengan internet di Tiongkok muncul ketika dia tidak menemukan data mengenai Tirai Bambu di internet. Jack kemudian terpikir mendirikan perusahaan internet untuk menyediakan berbagai informasi mengenai Tiongkok, ide out of the box.

Jack bersama istrinya, Zhang Ying, lalu mendirikan perusahaan e-commerce “China Yellow Pages” atau China Pages dengan modal 2.380 dollar AS. Tahun 1999, mereka mendirikan Ali Baba di kota kelahirannya, Hangzhou. Sejarah pun dimulai dari sebuah ruangan kantor kecil. Bahkan, wartawan majalah Business Week yang meliput kantor Ali Baba menggambarkan ruangan sekecil itu diisi 20-an orang.

“Dengan seprai dan selimut berserakan di lantai” ditambah udara pengap dan bau “seperti bau sepatu tua yang tidak terawat.” Tetapi, terlepas dari itu, sang wartawan terkesan dengan optimisme dan tingginya rasa percaya diri Jack Ma dan timnya. Terbukti, Ali Baba kemudian mampu menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar dunia bersama Amazon dan eBay. Bahkan, tahun 2014, Ali Baba mampu mencatatkan IPO terbesar sepanjang sejarah senilai 25 miliar dollar AS di bursa Hong Kong.

Jack dijuluki “Crazy Jack” karena memiliki ide fantastis. Awalnya, banyak tidak yakin dia mampu mewujudkan ide gilanya. Dengan santai, dia menanggapi julukan itu sambil berkata, “Kami memang gila, tapi tidak bodoh! Kami tahu yang dikerjakan.”

Secara umum, buku ini menggarisbawahi kunci-kunci sukses Jack Ma hingga menjadi kaya, antara lain percaya diri, visioner, bekerja keras, tidak putus asa, berjiwa sosial, fokus, dan mau belajar. Dia disiplin dan tegas dalam prinsip, namun tetap rendah hati. Dia berpikir out of the box, menghargai orang lain, dan cerdas menghadapi berbagai kritik. Dia selalu optimistis dan tahan banting. (Muhammad Farid - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25247931

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit