Etika dan Etiket Bisnis Cetak E-mail
(1 vote)

Etika Bisnis dalam Era Pasar Global

Etika dalam bisnis sangat penting. Biasanya, pengusaha harus menggunakan jurus-jurus untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Transaksi bisnis sejatinya tidak boleh menyimpang dari nilai-nilai etis. Seorang pengusaha memang kadang dilema harus bertransaksi ilegal atau mengikuti etika berbisnis yang benar. Buku ini hadir sebagai panduan bagi mereka yang terjun dalam dunia bisnis terutama di era modern yang serba canggih.

Buku ini ditulis William Chang, seorang akademikus yang telah banyak melahirkan buku. Semula, buku ini diktat kuliah Etika Bisnis di STIE Widya Dharma, Pontianak, Kalbar. Langkah pertama yang harus dimiliki pebisnis adalah nilai dasar dalam bertindak yang meliputi keluhuran serta kebebasan. Manusia pada dasarnya bertanggung jawab atas pengelolaan hidup supaya sesama dan lingkungannya bisa harmoni (hal. 27).

Selain itu, manusia juga harus memiliki filsafat hidup dalam berbisnis yang menuju kebajikan. Manusia bijak, umumnya mencintai kebenaran dan kejujuran yang juga diperlukan dalam bidang bisnis. Sejumlah negara telah menyadari pentingnya peran etika dalam dunia bisnis atau perusahaan. Setiap pertemuan antarmanusia tetap mengikuti norma-norma sosial dan etis (hal. 49).

Sementara itu, etika bisnis menurut J Fieser, biasanya mengandung unsur utama: menghindari pelanggaran hukum kriminal, menghindari tindakan yang mungkin melawan perusahaan, dan menghindari tindakan yang merusak citra perusahaan. Pendapat J Fieser tersebut pantas diperhatikan.

Dewasa ini banyak pengusaha tidak mengerti unsur etika bisnis. Atau tahu, namun tidak menerapkan. Ada yang berbisnis dengan merusak citra perusahaan lain. Ini tidak dapat dibenarkan. Misalnya dalam iklan, seharusnya pelaku bisnis tidak boleh berbohong. Dia harus jujur. Bila ada iklan kebohongan, dapat dipastikan bisnis tersebut tidak dibenarkan. Barang yang dijual juga harus asli. Di sinilah pentingnya nilai-nilai kejujuran dalam bisnis.

Penerapan nilai etika dalam dunia bisnis tak terlepas dari konteks hidup sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, dan hukum. Jika konteks hidup sosial ini berupa suatu keadaan yang kondusif, terbuka peluang luas untuk menerapkan nilai-nilai etika dalam dunia bisnis dengan sebaik mungkin (hal. 80).

Terkadang pengusaha terpaksa berbisnis kotor karena lingkungan menuntut demikian, misalnya, dia harus menghadapi para mafia. Ini dilematis. Padahal, etika bisnis harus menjadi prinsip utama berusaha. Maka, pelaku bisnis diharapkan mencari suasana lingkungan yang kondusif sehingga bisa menerapkan prinsip etis dalam bisnis.

Selain etika bisnis, tentu tidak kalah penting yang namanya etiket dalam usaha. Etiket biasanya terkait dengan tata krama atau sopan santun dalam hidup manusia sehari-hari. Biasanya etiket diwariskan turun-temurun, sehingga menjadi bagian hakiki hidup seseorang atau sekelompok manusia. Di dalam etiket terkandung nilai yang acap kali kurang atau tidak disadari (hal. 95).

Hidup yang beretiket mencerminkan latar belakang keluarga, pribadi, dan pendidikan yang bersangkutan. Kepribadian dan pendidikan seseorang dapat dikenal dari cara berpikir, berbicara, dan bertindak dalam hidup sehari-hari.

Buku ini dilengkapi cara mengarungi kehidupan berbisnis di era Masyarakat Ekonnomi ASEAN dalam pasar tunggal dan basis produksi internasional. Inilah era pasar bebas dunia di mana peran etika tak terhindarkan. Pelaku bisnis dan jasa seharusnya menjunjung nilai-nilai dasar sebagai kesepakatan umum dalam dunia bisnis. (Mahmudi - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25247943

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit