Memahami Aneurisma Otak Cetak E-mail
(1 vote)

Mendeteksi Dini Pecahnya Pembuluh Darah Otak

Dalam dunia medis, aneurisma dapat didefinisikan sebagai pelebaran dinding pembuluh darah karena lemahnya struktur dinding tersebut. Secara umum, aneurisma terjadi pada pembuluh arteri otak yang dibahas buku ini.

Statistik kedokteran internasional melaporkan 1–5 dari 100 orang memiliki aneurisma otak. Berdasarkan fakta tersebut aneurisma otak bukanlah sebuah penyakit yang langka. Memang benar menegakkan diagnosis aneurisma tidak mudah karena hanya sekitar 10 persen yang memberi gejala klinis. Sisanya tidak bergejala.

Kebanyakan aneurisma otak baru bergejala bila sudah pecah dan menimbulkan stoke, di mana lebih dari separuh aneurisma otak yang pecah akan berakibat fatal. Maka, deteksi dini aneurisma otak sangatlah penting untuk mencegah angka kesakitan dan angka kematian akibat penyakit ini.

Hingga kini masih belum diketahui jelas alasan dan waktu aneurisma pecah. Terdapat beberapa teori, termasuk tekanan, peradangan, dan penuaan. Beberapa faktor risiko utama aneurisma otak adalah usia di atas 40. Semakin tua seseorang, tambah tinggi risiko terserang aneurisma otak. Faktor lainnya: merokok, konsumsi alkohol berlebihan, penyakit tekanan darah tinggi.

Sebab lain, adanya riwayat penyakit otak sebelumnya (kemungkinan tumbuh lagi di tempat lain). Adanya aneurisma dalam keluarga (10–15 persen anggota keluarga akan memiliki aneurisma juga dan cedera pembuluh darah (hal. 6–7).

Ada 10 persen penderita aneurisma pecah akan langsung meninggal dan 40 persen lainnya meninggal dalam 30 hari perawatan. Sementara itu, pasien yang selamat 50 persennya akan cacat. Jika sudah telanjur pecah, penderita harus segera mendapat penanganan medis (hal. 9).

Bila diasumsikan penduduk Indonesia 250 juta, diperkirakan setiap tahun terdapat 25.000 orang aneurisma pecah. Setiap tahun, sekitar 2.500 orang akan meninggal sebelum dibawa ke rumah sakit. Kita harus ingat, tidak semua memiliki akses cepat ke rumah sakit (hal. 10).

Sebanyak 90 persen pasien aneurisma otak sama sekali tidak tahu memiliki penyakit tersebut. Mereka baru mengetahuinya ketika aneurisma pecah. Ada tiga gejala utama, yaitu sakit kepala sangat hebat. Secara mendadak, kepala seperti dipukul palu, muntah, leher terasa kaku, hingga pingsan. Salah satu sisi anggota gerak tubuh mendadak lumpuh.

Jika satu dari gejala-gejala tersebut muncul, pasien harus segera dibawa ke rumah sakit karena gejala klinis bisa memburuk dengan sangat cepat. Bahkan, dalam hitungan menit. Beratnya gejala yang dialami bergantung besaran robekan dan tinggi tekanan darah pada saat pecah. Pada kasus berat, penderita langsung kehilangan kesadaran (pingsan) atau bahkan koma.

Tentu saja itu sangat menakutkan. Namun, dengan perkembangan ilmu bedah saraf, tingkat kesembuhan pun semakin meningkat. Penanganan aneurisma secara garis besar dibagi menjadi tiga pilihan: observasi, operasi bedah mikro, atau prosedur endovaskuler (hal. 61).

Buku ini ditulis untuk menambah wawasan masyarakat tentang penyakit aneurisma otak mulai dari penyebab, gejala, hingga penanganannya berdasarkan literatur medis berbasis bukti. (Teguh Wibowo - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25208713

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit