Di Balik Investigasi Tempo Cetak E-mail
(1 vote)

Investigasi dari Suap Obat hingga Vila Pejabat

Pada bulan November 2015, dunia kedokteran Indonesia dihebohkan skandal suap sebuah perusahaan farmasi terkait ribuan dokter dan ratusan rumah sakit. Laporan investigasi bertajuk “Jejak Suap Resep Obat” mengungkap fakta di balik praktik gratifikasi PT Interbat, salah satu perusahaan farmasi peringkat lima besar Tanah Air, dengan nilai total 131 miliar rupiah.

Skandal membuat gusar Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Farid Moeloek. Empat hari setelah laporan investigasi terbit, Menteri menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi untuk berkonsultasi dan minta penjelasn terkait gratifikasi dan batas-batasnya bagi dokter. Kemudian, keluar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 58 Tahun 2016 tentang Sponsorship bagi Tenaga Kesehatan.

Itulah salah satu hasil investigasi dalam buku ini, selain empat lagi. Edisi ini memuat lima investigasi dari soal vila pejabat di Puncak, suap obat, impor minyak Zatapi, perbudakan anak buah kapal asal Indonesia di kapal-kapal ikan di Taiwan, dan kematian arkeolog Lambang Babar Purnomo.

Investigasi “Pejabat di Puncak, Banjir di Jakarta” memuat vila-vila mewah milik mantan pejabat, pengusaha, dan terbanyak para jenderal. Rumah-rumah rehat berstandar bintang lima itu dibangun di atas tanah negara dengan melanggar aturan (hal. 65).

Ini bermula dari temuan sebuah dokumen setebal 200-an halaman. Isinya daftar 1.500-an bangunan permanen di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang tak miliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sebagian bangunan tanpa IMB itu berdiri di atas lahan konservasi sebagai spons penyerap air hujan agar tak membanjiri Jakarta, Bogor, Depok, dan sekitarnya.

Ketika Ibu Kota negara diterjang banjir besar Februari 2007, vila-vila mewah para pejabat, jenderal, dan pengusaha yang berdiri di kawasan hutan lindung Puncak itu diyakini menjadi salah satu penyebab. Lebih dari 60 persen lahan di Jakarta terendam air hingga lima meter dan 80 orang tewas. Kerugian diperkirakan mencapai 4,3 triliun rupia (hal. 86).

Tulisan relatif baru dan masih segar dalam ingatan tentang perdagangan manusia dan perbudakan puluhan ribu anak buah kapal asal Indonesia di atas kapal ikan Taiwan. Lantaran dokumen lancung, para pelaut itu tak dicatat sebagai tenaga kerja migran oleh pemerintah Indonesia dan Taiwan. Mereka rentan mendapat perlakuan buruk: disiksa hingga pulang tinggal nama (hal. 1).

Laporan investigasi ini menjangkau hampir semua persoalan dari politik, budaya, ekonomi, kesehatan, hingga lingkungan. Ia adalah ikhtiar atau usaha jurnalistik untuk membongkar kasus yang diselimuti misteri dan sengaja dihalang-halangi kekuasaan.

Disajikan pula urutan kerja seperti mulai rapat redaksi, pengumpulan data, verifikasi fakta yang diperoleh di lapangan, hingga menguji temuan dengan minta konfirmasi para narasumber. Selain itu, halaman Cerita di Balik Berita dalam buku ini menjadi pembeda lain sebagai update kasus-kasus tersebut pada saat ini.

Buku ini penting dan perlu dibaca mahasiswa jurnalistik, calon wartawan, atau jurnalis-jurnalis muda. Cerita di Balik Berita yang membeberkan laporan-laporan investigasi disajikan utuh bisa menjadi referensi sebagai untuk menambah wawasan. (Denny YF Nasution - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
INVESTIGASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25208695

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit