Islam Tuhan Islam Manusia; Agama dan Spiritualitas di Zaman Kacau Cetak E-mail
(1 vote)

Islam Harus Mendorong Sikap Moderat dan Terbuka

Kemajuan ilmu dan teknologi yang semakin canggih pada satu sisi ikut menenggelamkan pamor agama. Apalagi agama kadang menunjukkan wajah menakutkan dalam bentuk terorisme dan kekerasan berdasar agama. Buku ini mencoba menyegarkan pemahaman atas aspek-aspek pokok dalam Islam untuk kemanusiaan dan masa depan kehidupan dunia yang lebih baik.

Saat ini, dunia menghadapi krisis makna, ketimpangan, dan kegalauan yang lahir seturut perkembangan ilmu serta teknologi. Kemajuan teknologi komunikasi secara ironis sering melahirkan disinformasi yang sebagian menggerogoti ikatan sosial serta menipiskan rasa saling percaya (hlm 37).

Kekacauan akibat disorientasi di tengah melimpahnya informasi ini turut memberi andil kelahiran paham keagamaan radikal. Ideologi radikal dianggap menjadi keyakinan keagamaan instan dan simplistik untuk mendapat ketenteraman hidup. Ideologi radikal ini menjadi dasar pembenaran tindakan kekerasan para penganutnya di tengah frustrasi akibat tekanan sosial ekonomi yang mereka hadapi.

Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut, buku berusaha menggali kekayaan khazanah Islam yang kiranya dapat disodorkan sebagai alat bedah kritis. Disebutkan, “hermeneutika sebagai metode untuk memahami teks agama secara lebih terbuka dan relevan dengan tantangan-tantangan masa” (hlm 4).

Dalam perkembangan sains ada ekses buruk teknologi. Di antaranya karena ilmu pengetahuan memisahkan diri dari filsafat. Padahal filsafat merupakan kesatuan organiknya. Ini memutus kemungkinan sains untuk memberi perhatian pada aspek transenden dan religius yang dapat digali dari filsafat (hlm 96).

Untuk menjawab tantangan zaman, Islam harus mendorong sikap moderat, terbuka, dan mengupayakan persatuan. Prinsip moderasi menjadi salah satu risalah pokok Islam. Selain itu, dialog dengan agama dan gugus peradaban lain, termasuk budaya lokal, perlu dilakukan untuk saling memperkaya perspektif dalam melabuhkan visi kemanusiaan agama pada kehidupan nyata.

Benang merah solusi yang ditawarkan buku ini untuk meneguhkan peran Islam dalam kehidupan masa kini dengan menghidupkan sisi spiritualitas. Di antara masalah pokok yang membuat Islam tumpul dan ketinggalan zaman karenca kecenderungan orientasi keagamaan pada aspek hukum. Penulis percaya bahwa aspek spiritualitas yang mempromosikan penghayatan keagamaan berorientasi cinta akan mampu menguatkan kiprah agama (hlm. 231-235).

Agama yang kental dengan nuansa spiritual dan cinta dipercaya akan mampu memupuskan fundamentalisme dan radikalisme keagamaan yang kaku, keras, formalistis, dan cenderung dangkal. Di sisi lain, Islam cinta, demikian Haidar menyebut, juga akan mampu menjawab problem-problem sekularisme seperti kehampaan makna hidup.

Buku yang menghimpun tulisan-tulisan Haidar dalam tiga dekade terakhir ini ikut mengingatkan para intelektual muslim dan tokoh-tokoh agama lain untuk bersama-sama berefleksi dan membaca ulang agama secara kritis demi menjawab tantangan zaman yang kian kompleks. (M Mushthafa - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25208691

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit