Panggilan Hati Cetak E-mail
(1 vote)

Perjalanan yang Mengubah Segalanya

Masalah hidup sering membuat orang mengarahkan telunjuk pada orang lain untuk disalahkan. Kita jarang berkaca dan evaluasi diri. Padahal, segala yang kita dapatkan tak pernah lepas dari apa yang kita lakukan sebelumnya. Inilah yang tersirat dari novel karya penulis berbakat asal India ini. Novel berjudul asli The Calling; Unleash Your True Self ini mengisahkan perjalanan Arjun, lelaki yang hidupnya berantakan. Rumah tangganya di ujung tanduk dan karirnya sebagai pemimpin pemasaran mandek.

Di tengah persoalan itu, Arjun mendapat semacam panggilan untuk melakukan perjalanan di gunung Himalaya, menuju ke Hemkund Sahib. Siapa sangka, perjalanan tersebut menjadi awal perubahan besar dalam diri Arjun. Arjun ditemani anak muda bernama Chandu sebagai kuli angkutnya. Arjun dan Chandu masing-masing menunggang keledai dan melakukan perjalanan menembus jantung Himalaya yang penuh salju. Setelah perjalanan panjang, mereka bertemu seorang sadhu yang melakukan Sadhna di atas sebongkah batu.

Anehnya, sadhu mengaku tugasnya telah selesai dan kedatangan Arjun adalah untuk menggantikannya dan membebaskannya. Arjun tentu keberatan karena ingin melanjutkan perjalanannya sendiri. Setelah berdebat, sadhu memberi solusi untuk memberi Arjun sebuah tes. Jika Arjun berhasil, ia boleh pergi. Jika gagal, Arjun harus menggantikannya melakukan Sadhna di atas batu. Arjun hanya perlu lolos satu tes saja dari tiga tes yang diberikan. Sadhu mulai mencabut batang tanaman dan membuat garis melingkar di tanah selebar enam puluh meter, kemudian ia pergi. Arjun, Candhu, dan kedua keledai mereka harus berada di dalam lingkaran, tak boleh keluar sampai sadhu kembali datang.

Dari tiga tes yang diberikan, tak satu pun Arjun berhasil melewatinya. Pada tes pertama, Arjun gagal karena tak melakukan apa-apa dalam lingkaran selama ditinggal sadhu. Arjun hanya bertahan di lingkaran itu. Padahal, banyak kejadian terjadi. Ada bau busuk dari bangkai anak rusa, keledai yang terus meringkik gelisah, tanah gersang dan rumput yang mengering. “Duduk diam di ruang dan duniamu, lalu tak melakukan apa-apa merupakan aib bagi kecerdasan yang dianugerahkan padamu,” kata sadhu (hlm 131). Ini menjadi simbol bahwa setiap orang harus aktif berkontribusi bagi dunianya; keluarga, pekerjaan, lingkungan sekitar. Tak sekadar bertahan hidup tanpa melakukan apa-apa.

Arjun tertegun dan menyadari kebodohannya. Tak ingin mengulangi kesalahan, ketika tes kedua, Arjun segera mengubur bangkai anak rusa, membebat luka keledai dengan kain sehingga hewan itu berhenti meringkik, mencabuti rumput kering dan mengolah tanah sehingga rumput baru tumbuh bersemi. Sempat bangga dan merasa dirinya berguna, Arjun tetap dinyatakan gagal oleh sadhu. Sebab, ia tidak mengikutsertakan Candhu dalam tindakannya. “Setiap orang di dunia memiliki peran penting dalam tujuan kita, terutama orang yang merupakan bagian dari perjalanan kita,” kata sadhu (hlm 152). Arjun sadar, ia menyepelekan kehadiran Chandu yang telah menemaninya sepanjang perjalanan.

Novel ini mengajak kita menyadarkan siapa diri kita, mengapa kita diciptakan dan apa yang harus kita lakukan selama hidup di dunia. (Al-Mahfud - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25208693

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit