Think Like A Freak Cetak E-mail
(1 vote)

Kiat Berpikir Kreatif dan Inovatif

Kemampuan melihat gagasan dari sudut pandang berbeda menjadi ciri berpikir kreatif. Manusia nyatanya sudah memiliki kreativitas sejak lahir. Kemampuan tersebut hanya perlu diasah agar bertransformasi menghasilkan tindakan nyata. Sayang, semakin dewasa seseorang membuat daya kreatif terkalahkan banyak dalih.

Buku ini mengajak pembaca berpikir seperti anak-anak untuk memupuk rasa ingin tahu yang tinggi dan mencari jalan cerdik untuk menemukan solusi masalah. Orang dewasa sangat pandai mengikuti petunjuk dan memperhatikan. Namun, tidak demikian dengan anak-anak. Pandangan mereka selalu berkelana.

Bukan sekadar teori, buku ini menggambarkan kejadian nyata. Sulap selalu menarik orang dewasa dan anak. Kebanyakan anak berhasil menemukan trik lebih cepat dari orang tua. Banyak alasannya. Anak-anak tidak memikirkan trik secara berlebihan. Sementara itu, orang dewasa mencari penjelasan yang tidak jelas (halaman 111).

Semakin sederhana pemikiran seseorang, akan lebih cepat menemukan solusi. Bukan berarti orang dewasa harus meniru tingkah anak-anak. Tapi, orang dewasa harus bisa memasukkan naluri kanak-kanak ketika dihadapkan pilihan rumit.

Selain masalah tersebut, sebagian besar orang sering kali berpura-pura tahu banyak. Bukan hanya masalah umum, sering kali orang payah menilai kemampuan sendiri. Meskipun menghabiskan lebih banyak waktu dengan diri sendiri daripada orang lain, mereka kerap berwawasan sempit tentang keterampilan dan kemampuan sendiri.

Hal ini mengingatkan pembaca bahwa cerdas dalam satu bidang, bukan berarti bisa menguasai dan memahami seluruh bidang lainnya. Setiap orang diharuskan menghargai yang lain dengan pengetahuan berbeda daripada berpura-pura tahu dan menimbulkan masalah baru.

Buku Think Like A Freak menyarankan berpikir lebih maju dalam sudut pandang berbeda. Perlakukan orang lain dengan sopan. Kesopanan dapat mendorong hampir semua interaksi ke dalam kerangka kooperatif (halaman 143).

Selain kiat-kiat memenangkan perdebatan, terdapat juga solusi dalam beragam masalah lainnya. Berpikir kritis sangat diperlukan oleh setiap orang. Tapi, jangan sampai terjebak dalam lingkaran pertanyaan. Berpikir seperti “orang aneh” berarti berpikir sederhana (halaman 151).

Buku ini juga memaparkan berbagai fakta di lapangan. Orang pintar sekadar punya lebih banyak pengalaman dengan perasaan bahwa mereka benar. Mereka memiliki keyakinan benar. Namun, meyakini Anda benar tidak sama dengan Anda benar (halaman 179). Ternyata, menilai diri benar nyatanya hanya membawa pertentangan argumen. Hal seperti ini harus dihindari.

Hal menarik lainnya, merenungi pencapaian diri dan berhenti sejenak dari aktivitas. Dalam momen-momen paling jujur, mudah untuk melihat banyak tidak bekerja dengan semestinya. Jadi, mengapa belum berhenti? (halaman 199). Ini bukan berarti berhenti beraktivitas secara total, tapi memahami makna hidup yang telah diperoleh.

Berhenti itu sulit. Sebagian karena disamakan dengan kegagalan. Padahal, tidak ada yang suka gagal atau setidaknya terlihat gagal (halaman 202). Umpan balik bukan hanya bermanfaat bagi interaksi, tapi juga untuk melangkah maju. Kegagalan tidak harus dianggap sebagai kerugian total. (Nata Carol - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29809139

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit