Ensiklopedia Penyakit Cetak E-mail
(1 vote)

Mengenal Ratusan Jenis Penyakit

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ensiklopedia ini berarti buku yang menghimpun keterangan atau uraian tertentu berbagai hal di bidang seni dan ilmu pengetahuan yang disusun menurut abjad atau lingkungan ilmu. Buku jenis ini tidak banyak tersedia sehingga karya Profesor Anis ini menjadi salah satu dari sedikit buku-buku ensiklopedia kedokteran.

Lebih dari 200 penyakit diuraikan, mulai dari abjad A sampai Z. Informasi tentang berbagai penyakit dapat dijumpai dalam buku ini, mulai dari penyakit infeksi, kongenital, metabolisme, maupun penyakit yang menyangkut sistem dan organ tubuh. Bahkan, penyakit-penyakit langka dan unik yang tidak banyak diketahui orang bisa ditemukan.

Pada abjad A terdapat penyakit ALS (Amytrophic Lateral Sclerosis) yang disebut juga penyakit Lou Gehrig’s. Penyakit ini mampu menyita perhatian banyak orang bahkan selebritas kelas dunia, seperti Victoria Beckham, Justin Bieber, dan pemain sepak bola, Cristiano Ronaldo. Ketiga bintang dunia ini turut berpartisipasi mengampanyekan penyakit ini. Tidak hanya para selebritas, tetapi juga masyarakat biasa dari hampir seluruh dunia menunjukkan kepedulian mereka pada penderita ALS melalui aksi Ice Bucket Challenge.

ALS sendiri merupakan penyakit yakni terjadi penurunan kemampuan saraf yang berlangsung progresif. Bisa dikatakan saraf yang mengontrol otot dalam tubuh mati. Semua otot gerak yang dikendalikan oleh otak pun terkena dampaknya. Penderitanya susah menelan, kehilangan suara, sulit bernapas, dan bahkan sampai mengalami kelumpuhan. Fisikawan terkenal seperti Stephen Hawking pun sampai terserang penyakit ini.

Selanjutnya, pada abjad B terdapat penyakit unik yang tidak banyak diketahui orang, yaitu Bisinosis. Penyakit ini merupakan noninfeksi akibat paparan debu kapas. Penyakit ini umumnya diderita oleh buruh pabrik tekstil. Penyakit ini juga disebut dengan “rasa hari Senin” karena setiap hari Senin setelah libur akhir pekan para buruh pabrik tekstil mengalami perasaan yang berat dan sesak napas langsung menyerang (halaman 65).

Penyakit lain yang tidak kalah unik disebut penyakit Kawasaki. Siapa pun yang mendengar namanya pasti akan teringat dengan salah satu merek motor. Penyakit ini sering dianggap sebagai campak, infeksi virus, gondong atau alergi obat tertentu. Gejalanya memang seperti campak, gondong atau alergi obat. Dimulai dari demam tinggi, muncul bercak-bercak di badan, pembengkakan kelenjar getah bening dan nyeri sendi (halaman 278–280).

Penyakit kanker tidak ketinggalan dijelaskan secara rinci, mulai dari kanker endometrium, kanker usus besar, kolon, rektum, lambung, otak, pankreas, payudara, servik, prostat, testis, dan penis. Lebih dari 10 jenis kanker dapat ditemui pembaca dalam buku ini. Penjelasan tentang penyakit ini memang menempati porsi terbanyak dibanding lainnya, mengingat kanker bisa menyerang bagian tubuh mana pun dan organ tubuh apa pun.

Berikutnya ada penyakit Stiven Johnson Syndrome (SJS) yang merupakan penyakit alergi terhadap obat yang sangat parah. Reaksi alergi dipicu oleh penggunaan antibiotik yang mudah diresepkan. Selain itu, juga bisa dipicu obat-obatan lain, seperti antikejang, analgesik (antinyeri), termasuk obat-obatan yang dijual bebas tanpa resep dokter.

Buku ini tidak hanya memaparkan berbagai jenis penyakit secara detail, tapi juga memaparkan tentang penyakit-penyakit yang pernah diderita oleh tokoh-tokoh luar biasa dunia. Sebut saja Putri Diana dan petinju kelas dunia, Muhammad Ali. Putri Diana pernah mengidap penyakit Bulimia nervosa yang merupakan kelainan makan. Ia makan secara berlebihan, kemudian mencoba mengeluarkan kembali apa yang baru saja dimakannya. Sementara itu, Ali pernah menderita penyakit Parkinson yang membuat kemampuan geraknya terbatas. Penyakit ini banyak diidap orang dewasa dan berusia lanjut. (Tanti Endarwati - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28556756

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit