Surat dari Bapak Cetak E-mail
(2 votes)

Pesan dari Balik Jeruji

Korupsi, perilaku menyimpang yang kerap dilakukan oleh oknum pegawai pemerintahan atau pejabat publik itu bukan hanya musuh penegak hukum, akan tetapi musuh komunal. Dampak negatifnya yang merugikan banyak orang, menuntut semua lapisan masyarakat dengan beragam latar profesi harus mampu memberikan pemahaman dan pencegahan bahaya laten korupsi dengan caranya masing-masing, termasuk para sastrawan. Surat dari Bapak adalah salah satu kepedulian dan cara sastrawan mengampanyekan perlawanan terhadap korupsi.

Surat dari Bapak menceritakan kehidupan keluarga Akbar, seorang kepala sekolah yang beristrikan Ratna, seorang PNS. Sebuah mobil sedan merah mereka berikan kepada Farhan, anak semata wayang mereka sebab berhasil diterima menjadi mahasiswa di Universitas Impian Raya, kampus populer dan ternama di Bana Tenda. Tak lama setelah itu masalah menghampiri Farhan, di akun Facebook-nya ia mendapat serangan dari akun kardus (akun palsu). Akun-akun tersebut berkomentar bahwa mobil yang dihadiahkan orangtuanya itu hasil korupsi.

Sejak mendapat mobil, setiap gerak Farhan selalu mendapat komentar yang tidak menyenangkan dari akun-akun tersebut. Berulang kali Farhan menanyakan hal itu pada bapaknya, namun Akbar selalu mengatakan bahwa mobil itu dari sumber yang halal. Perihal akun kardus itu Akbar menjelaskan bahwa mereka adalah LSM yang minta jatah dana BOS tapi keinginannya tidak dipenuhi Akbar.

Surat dari Bapak tidak hanya berkutat pada masalah anak dan orangtua, di dalamnya diwarnai juga dengan kisah cinta segitiga antara Farhan, Fatimah, Linda. Farhan dan Linda berpacaran sejak SMA, namun saat kuliah Linda berubah menjadi sombong dan suka berfoya-foya. Farhan kehilangan Linda yang ia kenal dulu, di saat itulah Farhan bertemu dengan fatimah, anak seorang penjahit yang difitnah menggelembungkan harga saat mendapat tender pengadaan seragam dari oknum dinas pemerintahan. Tanda tangan ayah Fatimah dipalsukan. Kontrak yang sebenarnya 700 juta tanpa sepengetahuan ayah Fatimah berubah menjadi 5 milyar. Ia kemudian dijebloskan ke penjara.

Setelah melalui pengamatan yang cukup lama, Akbar terjaring oprasi tangkap tangan oleh KPK. Farhan yang terpukul dengan hukuman sosial dari masyarakat, memutuskan untuk mengajak ibunya pergi ke kampung untuk memulai kehidupan baru. Di sana ia berbisnis peternakan ayam potong juga menikahi Fatimah.

Merasa bersalah pada keluarga, Akbar menulis surat untuk Farhan dan istrinya dari balik jeruji besi. Menggunakan handphone sipir yang Akbar pinjam dengan uang pelicin 500 ribu, ia mengakui bahwa ia adalah koruptor di wall Facebok-nya. Akbar juga mengungkapkan permohoan maafnya pada khalayak. Ia mengklarifikasi bahwa mobil yang ia belikan untuk Farhan adalah uang halal, kecuali rumah keduanya.

Akbar juga menulis di akun Facebook-nya cara menjegah godaan korupsi, “tanamkan sifat iksan karena manusia selalu diawasi oleh Allah, Syukuri nikmat baik itu besar maupun kecil, buat atau mengikuti lingkungan saleh dengan komitmen anti korupsi, berani menolak dan tidak mengajak yang mengarah pada korupsi.” (Hal:163)

Selain bacaan yang diharapkan mampu mengasah kepekaan sosial, seluruh lapisam masyarakat, Surat dari Bapak juga merupakan novel peraih penghargaan sastra anti korupsi dari KPK pada saat launching di Indonesian Book Fair awal Oktober lalu. Surat dari Bapak dianggap menjadi reflektif ideologi dari sang penulis yang juga pendiri komunitas Rumah Dunia yang aktif membangun generasi anti-korupsi. (Rudi Rustiadi - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL SASTRA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31877365

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit