Bijak Memahami Masalah Kesehatan Terkini Cetak E-mail
(1 vote)

Uraian Gangguan Penyakit Organ Dalam

Profesor Zullies Ikawati adalah guru besar Farmakolagi dan Farmasi Klinis, Fakultas Farmasi, Universitas Gajah mada. Dia menerima gelar doktornya di Ehime Universitas School of Medicine Japan bidang farmakolagi. Buku ini mengenalkan berbagai penyakit di lingkungan masyarakat, beserta gejala, pencegahan, dan cara mengobatinya.

Setiap organ tubuh memiliki peran masing-masing. Jadi, penting dicek agar organ-organ tersebut selalu sehat. Beberapa penyakit yang sering menjangkit organ dalam pada tubuh manusia adalah sindrom nefrotik. Ini gangguan ginjal, hepatitis atau liver, dan overactive bladder (OAB).

Sindrom nefrotik adalah kumpulan gejala yang ditandai dengan proteiniura atau terdapatnya protein dalam air seni (lebih dari 3,5 gram per hari). Selain itu, kadar protein darah yang rendah, kadar kolestrol tinggi, trigliserida tinggi, dan adanya membengkakan, terutama di sekitar mata, kaki, serta tangan (hal. 22).

Penyebabnya kerusakan pembuluh darah kapiler pada glomerulus ginjal yang menyaring sampah-sampah tubuh. Ada kelebihan air pada darah dan mengirimnya ke kandung kemih sebagai urin. Gejalanya secara umum, adanya pembengkakan, urin tampak berbuih, nafsu makan berkurang, dan tekanan darah tinggi.

Hepatitis atau liver adalah setiap gangguang fungsi hati yang menyebabkan penyakit. Hati merupakan organ padat terbesar dalam tubuh berfungsi membuat dan mengeluarkan cairan empedu. Hati satu-satunya organ dalam tubuh yang mudah mengganti sel rusak. Namun jika sel-sel hati cukup banyak rusak atau hilang, tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan tubuh (hal 27). Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada tubuh.

Sebabnya penyalahgunaan alkohol, penggunaan obat-obat hepatotoksik, inveksi virus hepatitis, dan beberapa penyakit lain yang bisa menyebabkan gangguan fungsi hati. Seperti perlemakan hati nonalkohol, hemachromatosis (kelebihan zat besi) dan penyakit wilson. Gejalanya biasanya dimulai dengan mual, muntah, sakit perut pada bagian kanan atas, jaudice (perubahan warna kuning pada kulit karena konsentrasi bilirubin meningkat dalam aliran darah).

Overactive bladder (OAB)  yaitu apabila seseorang bolak-balik buang air kecil dalam sehari sampai lebih dari 8 kali.  Hal ini tergolong beser dan mungkin ada sesuatu yang salah pada sistem urinasi.  OAB terjadi jika otot destrusor terlalu sering kontraksi tanpa sengaja (involuntarily), sehingga menyebabkan perasaan “kebelet pipis”, bahkan ketika kandung kemih sebenarnya belum penuh (hal 39).

Penyebab penyakit ini tidak selalu diketahui dengan jelas. Namun ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan gangguang fungsi otot destrusor sehingga memicu OAB. Antara lain pembesaran prostat, adanya batu kandung kemih, efek samping obat-obat tertentu, gangguan neurologis lain dan kanker prostat. Gejalanya sering buang air dan tidak dapat ditahan.

Betapa pentingnya organ tubuh dalam harus dijaga agar selalu sehat dan bisa berfungsi baik. Buku ini dipaparkan dengan bahasa populer yang mudah dipahami. Selain membahas gangguan penyakit dalam, ada juga pembahasan penyakit wanita, penyakit sehari-hari yang terlihat remah namun perlu diperhatikan dengan baik. Buku disertai juga terapi penyembuhan. (Ratnani Latifah)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27612901

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit