Alang Cetak E-mail
(1 vote)

Jatuh Bangun Mengejar Mimpi

Novel ini menceritakan tokoh Alang anak tukang becak dan penjual sayur Kota Madiun. Impiannya untuk menjadi musikus ditolak bapaknya karena dianggap tidak menjanjikan masa depan. Keinginan jadi musikus muncul saat Gun, guru SMP Alang memberi tugas bermain recorder lagu Satu  Nusa Satu Bangsa. Alang sangat tekun mempelajarinya walaupun diam-diam, agar tidak ketahuan bapaknya.

Lain halnya sahabat dekatnya, Arif, santai, berleha-leha, namun setia kawan. Sikap Alang yang keras kepala untuk menjadi musikus itu konyol. Setelah lulus SMA nanti, lebih baik bekerja, pikir Arif. Bekerja apa saja yang penting menghasilkan uang. Pada suatu waktu Arif menyadari bahwa Alang menyukai cewek bernama April yang gila menulis.

Menjadi seorang penyair adalah mimpinya. Apalah daya, Mamanya selalu membanding-bandingkan diri April dengan kakaknya bernama Kartika yang pintar. Menurut Mama April menjadi seorang seniman tidak jelas masa depannya.

Setelah sekolah, Alang selalu berlatih gitar dan April menulis puisi. Mereka berjanji untuk meraih mimpi. Mereka juga sekolah di SMA yang sama. April ditunjuk menjadi koordinator pertunjukan teater dibantu teman sekelasnya, Siska. Mereka membuat monolog diiringi gitar Alang. Mendengar nama Alang disebut, Mia sang ketua kelas yang lihai bermain biola langsung bersemangat ikut serta. Itulah cara Mia agar terus bisa bersama dengan Alang. Hal itu tak membuat Alang goyah, ia tetap mengagumi sosok April yang misterius dan aneh. Begitupun dengan April.

Alang dan April lulus SMA. April sudah didaftarkan masuk Fakultas Kedokteran oleh Mamanya. Beasiswa sekolah musik di Jakarta sudah menjadi incaran Alang. Pak Gun membantu Alang meraih mimpi. Setelah mengirim formulir secara diam-diam tanpa sepengetahuan bapak, Alang ditemani Arif ke Jakarta hanya membawa uang seadanya untuk tes sekolah musik.

Ternyata Mia juga mendaftar. Alang diterima. Akhirnya, Alang berkata jujur memberitahu orangtuanya. Emosi bapak memuncak. Amarahnya tak bisa tertahan lagi pada angak tunggalnya. Alang minta maaf dan pergi meninggalkan rumah kumuh itu. Ia berjanji tak akan kembali sebelum sukses menjadi musikus.

Kehidupan di Jakarta tak seperti dibayangkan. Ia bertemu kembali April. Mereka menjadi sering bertemu. April berkumpul dengan teman-teman penggemar puisi. akibatnya, kuliah terbengkalai. April memutuskan berhenti kuliah tanpa sepengetahuan keluarga. Alang pun ikut-ikutan. Sampai suatu ketika, keluarga April mengetahui. Ia dibawa pulang ke Madiun dan tak pernah ada kabar lagi. Alang merasa menjadi orang tak berguna.

Seorang gadis menyadarkan Alang tentang impian, usaha, orang tua dan juga tentang keteguhan dulu. Dialah Mia yang juga membantu kuliah lagi. Lambat laun Alang bisa kembali seperti dulu lagi dan sukses. Pada suatu hari April memberi kabar akan menikah dengan lelaki pilihan mamanya.

Ada perasaan gundah, namun Alang telanjur jatuh cinta pada perempuan penggesek biola itu, Mia. Tak lupa setelah semua kesuksesan Alang kembali ke Madiun. Pada akhirnya ayah Alang dapat menerima dan mendukung anak lelakinya itu untuk menjadi musikus. (Muthi Andri Hardanti - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL DRAMA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28292955

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit