1001 Masjid di 5 Benua Cetak E-mail
(1 vote)

Wisata ke Masjid yang Dianggap Paling Romantis

Berwisata ke lima benua tentu memerlukan biaya mahal dan kondisi fisik yang prima. Umumnya, para travellers mengadakan perjalanan ke tempat-tempat wisata seperti pantai gunung, danau, atau sejumlah pulau. Tempat-tempat tersebut dijadikan objek untuk diabadikan sebagai kekayaan budaya. Tetapi, buku ini menyajikan alternatif wisata ke sejumlah masjid di lima benua.

Buku 1001 Masjid di 5 Benua menyajikan mulai dari masjid yang menjadi markas teroris hingga paling romantis. Betulkah ada masjid markas teroris? Atau betulkah ada masjid paling romantis? Buku memang tidak menceritakan secara detail masjid markas teroris tersebut. Pada tulisan Mampir ke “Markas Teroris” di Amsterdam  diceritakan proses pencarian masjid bernama Stichting El Tawheed atau Yayasan El Tawheed. Pemerintah Belanda mendeklarasikan masjid tersebut sebagai “sarang teroris.”

Deklarasi itu dilakukan karena pada 2004 terjadi pembunuhan Theo van Gogh, sutradara pembuat film anti-Islam, oleh pemuda bernama Mohammed Bouyeri, yang konon salah seorang jamaah masjid ini. Peristiwa yang menggemparkan Belanda dan disebut sebagai “Dutch September 11” itu membuat gerakan dan kegiatan yang diadakan di El Tawheed selalu dimata-matai pemerintah (hal. 20-21).

Masjid sebagai sarang teroris memunculkan stigma negatif di mata masyarakat. Ini bukan sekadar dampak buruk pada pelakunya. Agama Islam pun terkena imbas. Secara realitas, gerakan teroris selalu mengakibatkan korban materi dan nyawa. Ketika terdapat masjid menjadi sarang teroris, gambaran yang muncul di benak pembaca mungkin sebuah deskripsi terbalik dengan nilai agama samawi yang dibawa Nabi Muhammad SAW.

Di sisi lain, diceritakan masjid di ibu kota Republik Tatarstan, yang merupakan salah satu anggota Federasi Russia. Masjid ini bernama Kol Syerif Mechete atau Kul Syarif. Masjid termegah di dunia ini berwarna biru dengan empat menara tinggi. Dalam salah satu ruangan masjid terdapat pameran souvenir, buku-buku Islam dan video. Lantai di bawahnya terdapat Muzei Islamkoii Kultur atau museum budaya Islam yang memamerkan benda dan artefak berupa kaligrafi (hal. 120-121).

Deskripsinya lebih detail daripada masjid markas teroris. Pembaca diajak menikmati bentuk fisik bangunan masjid di ibu kota Republik Tatarstan tersebut. Masjid ini bukan sekadar tempat melaksanakan salat dan membaca Alquran. Simbol-simbol keislaman lainnya juga diabadikan dalam sebuah ruangan agar pengunjung mampu menangkap perkembangan peradaban dari masa ke masa.

Kemudian ada juga masjid yang dianggap paling romantik bernama Xiao Tao Yuan atau kebun kecil buah persik. Ini berbeda dengan nama masjid di Indonesia yang identik dengan nama Arab. Jamaah masjid ini berasal dari etnik Hui, Uighur, etnik Tiongkok, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Masjid dibangun pada 1917 (hal. 197-199). (Suhairi Rachmad - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MEMOAR TRAVELING

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27578641

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit