Jangan Percaya Hasil General Check-Up ? Cetak E-mail
(1 vote)

Mitos dan Fakta Keliru Tentang Hidup Sehat

Setiap orang ingin sehat. Ada beragam cara dilakukan agar sehat mulai dari memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makanan, olah raga, maupun menerapkan pola hidup sehat. Namun, masih banyak yang salah kaprah dalam menerapkan pola hidup sehat karena salah informasi. Ada yang menelan mentah-mentah informasi kesehatan. Parahnya, kekeliruan ini sudah meluas.

Mitos-mitos keliru tentang kesehatan dinarasikan secara cermat dalam buku ini. Secara umum buku memuat topik yang sangat akrab dengan aktivitas kehidupan sehari-hari. Di antaranya, cara tindakan medis, cermat memilih pengobatan, menerapkan hidup sehat, cerdas mengonsumsi makanan sehat, dan menerapkan gaya hidup sehat.

Salah kaprah dalam kesehatan di antaranya anjuran minum air putih lebih dari 2 liter setiap hari. Bagi penderita tekanan darah tinggi, arteriosklerosis, dan yang risiko terkena gangguan pembuluh otak, minum air putih lebih dari 2 liter tiap hari bukan masalah. Namun bagi orang biasa, justru akan menjadi ancaman kesehatan.

Kadar kebutuhan air pada setiap orang berbeda-beda, tergantung gaya hidup. Kadar air orang yang kerja di lapangan berbeda dengan pekerja dalam ruangan. Bahkan bagi orang yang sama sekalipun, kadar kebutuhan air akan berubah saat musim panas dan dingin (hal. 84). Terlalu banyak minum air melebihi kebutuhan akan menghasilkan berbagai macam risiko penyakit. Utamanya pada orang yang lambungnya lemah.

Minum air dalam jumlah banyak akan membebani tubuh, lambung mengalami kelelahan sehingga akan muncul potensi proses pencernaan dan penyerapan menjadi tumpul karena cairan lambung terlalu tipis. Kondisi ini akan mengakibatkan penyakit berbahaya. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa 60 persen sel imunitas seluruh tubuh berkumpul di organ usus (hal. 84).

Minum air terlalu banyak akan memperburuk kondisi usus, menurunkan kekebalan tubuh sehingga meningkatkan risiko terjangkit penyakit kanker. Minum air yang baik sesuai dengan kebutuhan tubuh. Minum saat tenggorokan kering dan haus, terutama setelah berolah raga (hal. 85).

Mitos lain yang kurang tepat tentang pola makan bagi kesehatan. Jamak menyepakati makan yang baik 3 kali sehari: pagi-siang-malam. Fakta ini kurang tepat, karena ditentukan waktu. Makan paling baik secukupnya. Makan ketika lapar dan berhenti setelah lapar hilang. Fakta ini bisa dilihat dari kehidupan hewan liar. Tidak ada di antara mereka yang menderita obesitas. Mereka tidak menentukan waktu makan. Mereka makan saat lapar.

Jika ini dipraktikkan, maka secara genetis, orang yang memiliki tipe tubuh gemuk akan menjadi gemuk secara ideal. Begitu juga dengan ukuran tubuh kurus, akan menjadi kurus yang ideal. Ukuran tubuh ideal akan tetap terjaga dan kesehatannya terpelihara (hal. 98).

Pola makan yang kurang tepat juga terjadi saat diet nonkarbohidrat. Metode ini sepenuhnya salah karena karbohidrat merupakan satu di antara tiga nutrisi besar yang dibutuhkan tubuh, selain protein dan lemak. Kekurangan karbohidrat berisiko terkena bedridden (hanya dapat berbaring).

Karbohidrat akan diserap ke dalam darah menjadi gula. Gula akan berpartisipasi mengaktifkan otak dan tubuh. Apabila tidak mengonsumsi karbohidrat, maka nutrisi yang cukup tidak akan sampai pada bagian-bagian tubuh. Ini mengganggu kerja seluruh bagian organ dan otak (hal. 92).

Asumsi kurang tepat juga terjadi pada kebutuhan tidur: 6, 8, atau bahkan 10 jam? Sebenarnya tidak ada yang benar jumlah jam tidur. Jam tidur yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Yang paling utama, kualitas tidur, bukan lamanya. (Khairul Amin - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28557864

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit