Senja di Langit Ceko Cetak E-mail
(1 vote)

Akhir Lika-liku Membangun Mahligai Rumah Tangga

Dengan mengambil latar negara Ceko, Novel Senja di Langit Ceko mengisahkan sepasang kekasih yang akhirnya menjadi suami istri. Tokoh Saujana berpikir negerinya sudah menggerus idealis para ahli untuk memakmurkan bangsa. Sejak itu, Saujana meninggalkan Indonesia karena merasa tidak dibutuhkan. Ini berbeda dengan kekasihnya yang akhirnya menjadi istrinya, Senja yang menurutnya, negeri ini justru membutuh ilmuan-ilmuan hebat guna membangun bangsa. Pemikiran mengenai ini kerap membuat keduanya berdebat kusir.

Hubungan Senja dan Saujana juga mengalami naik-turun dalam. Ini karena karakter mereka berbeda. Senja sangat perasa dan berharap diperlakukan romantis. Sedangkan Saujana tipe pria angkuh, tanpa kehangatan, keromantisan, dan kadang menyengat orang lain, terutama wanita. Senja merasa hubungan keduanya digantung, entah sebagai apa dan hingga kapan. Semua serba tak jelas (hal. 20).

Mereka juga memiliki kesamaan nasib, pernah merasakan ditinggalkan. Saujana ditinggalkan ayahnya ke Chekoslovakia (dulu) untuk belajar ketika masih dalam kandungan. Saat Gestapu, ayahnya dituduh komunis. Dia diculik dan hilang entah ke mana. Sedangkan Senja ditinggalkan ayah dan ibunya karena kecelakaan.

Senja dan Saujana akhirnya menikah dan merayakan bulan madu di Ceko. Selain untuk bulan madu, bagi Saujana, perjalanan ini misi mencari ayahnya. Seperti pasangan suami istri baru pada umumnya, mereka romantis. Ada sekali-sekali konflik karena beda pendapat.

Selain dua tokoh ini, ada juga sosok pria bernama Sam, yang menjadi tour guide bagi Senja dan Saujana selama di Ceko. Tokoh yang pada awalnya terlihat hanya sebatas figuran, namun kelak pada akhir cerita menjadi sebuah kejutan luar biasa karena Sam adalah saudara tiri Saujana. Ayah yang selama ini dicari Saujana sudah meninggal.

Novel ini seakan mengajak pembaca untuk berwisata ke beberapa lokasi yang menarik di Ceko seperti Kastil Praha, Katedral Santo Vitus, Jam Astronomi Orloj, Jembatan Karluv, dan Jembatan Charles. Diulas juga penulis hebat Ceko seperti Franz Kafka dan Vaclav Havel. Sejarah yang tersirat di Ceko memperkaya pembaca.

Karya ini mengajak juga kepada tiap pasangan untuk saling bersabar dan tabah. Selain itu, hendaknya mencintai pasangan dengan cara memberi, mengimbangi, menghargai, dan menghormati (hal. 57). Hidup berkeluarga harus saling mencintai dan menjalani proses menyatukan dua kepala berbeda agar dapat berjalan beriringan. (Hapudin - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ROMANTIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28545184

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit