The Naked Traveler 7 Cetak E-mail
(2 votes)

Berwisata Menjelajah Dunia dari Asia hingga Afrika

Siapa sih yang gak suka traveling? Apalagi gratis! Kalimat tanya itulah yang menjadi pembuka buku The Naked Traveler 7. Penulis memulai profesinya sebagai tukang jalan-jalan gratisan yang (bahkan dibayar). Padahal kegiatan travelingnya 90% dilakukan dengan biaya sendiri. Baginya traveling itu investasi.

Buku ini menceritakan kawasan wisata antara lain di Asia, Afrika, Amerika, dan timur tengah. Fillipina di New Ndavao Matina Gallera ada kejuaraan sabung ayam dunia. Kompetisi ini dilaksanakan dua kali setahun. Hadiahnya ratusan juta. Namanya “World Slasher Cup” (hal. 45). Dalam bahasa Filipina sabung ayam dikenal dengan sabong/cockfight. Dalam pertarungan ayam dilengkapi senjata sejenis pisau di kakinya agar sekali gores, lawannya berdarah atau bahkan tewas.

Praktik ini sudah berlangsung ribuan tahun lalu di seluruh dunia. Saat ini banyak negara melarang sabung ayam, termasuk Indonesia, kecuali Bali yang menganggap sebagai ritual budaya (hal. 44). Di sebuah kota bernama Yangon, Myanmar ada tempat “dugem” yang buka bisa 24 jam. Di India, bisa berkunjung ke sungai Gangga yang terbentang dari gunung Himalaya sampai ke Teluk Benggala kira-kira sepanjang Banda Aceh sampai Jakarta.

Di paling utara India dekat pegunungan Himalaya terdapat lembah Kashmir yang terbagi menjadi 3 bagian: Jammu, Kashmir dan Ladakh. Karena segregasi berdasarkan agama, mayoritas penduduk Jammu penganut Hindu. Wilayah Kashmir penganut Islam dan Ladakh beragama Buddha. Yang menarik Ibu kota negara ini terbagi menjadi 2: Srinagar ketika musim panas dan bermigrasi ke Jammu, tempat yang relatif lebih hangat, ketika musim dingin (hal. 53). Daerah ini memiliki bentang alam yang begitu indah. Ada salju di beberapa titik dan tanah subur. Namun karena kondisi sosial politik “berbahaya” daerah ini dijaga ketat dan diduduki militer.

Pembaca juga akan tau lebih dalam seluk beluk wisata bahari bukan hanya secara eksplisit. Traveling di Indonesia merupakan “love hate relationship” karena bagus banget sekaligus susah banget. Traveling pelosok Indonesia bisa untuk latihan. Bila sudah lancar akan mempermudah traveling di mana pun, termasuk luar negeri.

Afrika adalah sebuah benua yang memiliki wilayah dengan nama-nama sangat eksotis seperti Zanzibar, Seychelles, Dare Ess Salam, dan Tanzania. Di Tanzania terdapat Ngoro-Ngoro Conservation Area, Tarangire National Park, satwa-satwa endemik yang hanya ada di Afrika. Juga pohon-pohon aneh dan sangat berbeda dari negara tropis seperti Indonesia. Ada suku Maasai yang memiliki adat dan kebiasaan unik. Mereka tinggal di rumah dari kotoran sapi di padang sabana luas tak berujung. Suku ini hidup semi-nomaden dengan pekerjaan utama beternak. Di Sarengeti National Park dapat menyaksikan migrasi wildbeast, camping dan bersama singa di alam liar. 

Penulis pernah mengikuti semacam pertemuan dalam rangka promosi pariwisata Asia Tenggara. Negara- tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand memiliki program-progaram jangka panjang dan pendek yang cukup real. Namun sayangnya, belum jelas arah pariwisata Indonesia. (Rahayu Ningrum - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MEMOAR TRAVELING

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29725090

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit