Saya Motivator Diri Saya Sendiri Cetak E-mail
(2 votes)

Motivator Sejati adalah Diri Sendiri

Motivasi bagian terpenting pergerakan manusia. Tanpanya, pergerakan tidak akan pernah terjadi dan hampir mustahil muncul sesuatu dari tangan manusia. Motivasi merupakan dorongan dari dalam dan luar diri seseorang. Dia merangsang hasrat dan energi untuk terus-menerus berkomitmen bekerja, berbuat, dan melakukan sesuatu demi tujuan.

Merry Riana mengatakan, pada halaman pertama buku, “Motivasi merupakan sebuah musik dalam kehidupan. Orang bermotivasi memiliki alasan kuat untuk sukses.” Muncullah ‘motivator beo’ untuk meraih keuntungan berlipat. Mencipta menjadi kurang penting karena dengan mengutip saja sudah bisa menjadi kaya.

Namun ada motivator sejati sesuai dengan passion yang  menjunjung tinggi nilai-nilai hidup. Tindakannya memotivasi atau membangkitkan semangat orang lain dan diri sendiri. Dia selalu dapat menampilkan diri kepada orang lain sesuai dengan apa adanya tanpa harus berkedok atau menutup-nutupi kondisi riil. Lalu benarkah setiap individu butuh motivasi? Jawabannya, manusia tidak perlu dimotivasi kalau mengerjakan kesukaannya (halaman 7).

Meskipun demikian, mau tak mau harus diakui bersama bahwa kadang manusia sering menghadapi masalah dan cobaan. Saat itu dia berada dalam titik terlemah karena merasa lemah secara fisik, mental, dan terlebih emosional. Untuk itu seseorang memerlukan semacam ‘vitamin’ tambahan berupa dorongan membangkitkan semangat.

Beberapa orang berputus asa sering nekat bunuh diri atau menjadi kalap melukai orang lain. Lainnya, menjadi apatis. Ada pula orang yang bermanifestasi pasrah total gara-gara putus asa dengan membuat klaim diri, “Bukan takdir saya.” Semua perasaan buruk yang tidak dikelola dengan baik dan tidak berhasil dinetralisasi perlahan menjadi bongkahan bonggol akar negatif.

Gagal adalah tabu sehingga ada orang memilih berkata, “Sukses yang tertunda” (halaman 125). Setiap orang pasti pernah gagal, bingung, takut, ditolak, dianiaya, miskin, kecewa, marah, cemburu, sedih, dan bahkan putus asa. Ini bisa karena harapannya tidak terwujud.

Semua perasaan ini membuat tidak percaya diri untuk melangkah dan menjadikan motivator sebagai pelarian baik untuk sekadar berkonsultasi atau minta pencerahan. Semua  tidak ada salahnya. Kehilangan  kepercayaan diri bisa menjadi masalah serius yang harus dicarikan solusi.

Manusia mempunyai pilihan dalam menyikapi persoalan hidup serta mengolah diri hingga mencapai kesadaran bahwa sesungguhnya seseorang harus bisa memotivasi diri dulu sebelum mencerna kata-kata orang lain. Tuhan sudah mengaruniai yang luar biasa berupa semangat, intuisi, dan banyak karakter. Jika semua dimanfaatkan dengan baik akan menjadi pendongkrak memperbaiki diri mencapai manusia seutuhnya. (Tanti Endarwati - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27933824

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit