Cinta Semanis Racun; 99 Cerita dari 9 penjuru Dunia Cetak E-mail
(1 vote)

Pesona Cerita Sastra dari Pengarang Terkemuka Dunia

Karya sastra erat kaitannya dengan estetika. Keindahannya tercipta dari kemampuan pengarang dalam bereksperimen terhadap tema, kelincahan gaya penyampaian, serta ketangkasan penguasaan alur. Sastra sendiri diperkenalkan lebih dulu oleh para pengarang asing. Terjemahan cerita merupakan cara untuk membaca dunia.

Ini juga satu upaya untuk menyimak dan memahami kisah manusia dari berbagai bangsa dan latar budaya. Terjemahan juga bentuk kepedulian terhadap perkembangan sastra dan kebudayaan secara luas (halaman 11-12). Buku merupakan gabungan 99 cerpen dari para pengarang terkemuka berbagai penjuru dunia. Temanya beragam seperti kultur, sosial, politik, religi, cinta, dan pergulatan hidup.

Cerpen Pertunjukan Menyapu Jalan oleh Feng Jicai merupakan sindiran halus bagi kelompok petinggi daerah yang gemar membangun pencitraan. Ini mengisahkan wali kota yang turun ke lapangan untuk ikut serta dalam acara menyapu jalan. Ia beserta para pejabat lain membentuk barisan panjang dan mulai mengggerak-gerakkan sapu demi kamera, tak peduli ada kotoran atau tidak (halaman 21).

Sisi unik, kekhasan, dan bernilainya cerita sastra tampil dalam cerpen Ahem karya Ibrahim Samu’il. Ini bercerita tentang dua tahanan berlainan sel yang saling berkomunikasi lewat permainan “ahem” atau dehem.

Ini karena tahanan dilarang mengeluarkan sepatah kata saja. Mereka menghibur diri dengan permainan mengubah bunyi-bunyian untuk memperkaya bahasa. Mereka akan menguap dengan nyaring untuk menyatakan kebosanan bila ingin tidur, dan bersin kuat untuk saling membangunkan (halaman 94).

Tak kalah menarik, David Albahari dengan cerpennya Cinta Semanis Racun yang menggambarkan sisi manis cinta yang justru menjadi racun bagi kehidupan asmara sang tokoh. Ada pula kisah Ilyas karangan Leo Tolstoy, salah satu sastrawan besar Rusia yang dikenal lewat cerpen-cerpen klasiknya. Ini mengisahkan si kaya yang kemudian jatuh miskin tetapi justru membuatnya menemukan kebahagiaan sejati. Perasaan menjadi tenang sebab tidak lagi dililit banyak kecemasan (halaman 420-421).

Tak ketinggalan perwakilan dari Eropa Barat yang turut menggelorakan jagat sastra, yakni Racun Kritikus oleh Patrick Suskind. Tercermin dari judulnya, cerpen ini menyoroti sikap kritikus dan dampaknya terhadap kondisi kejiwaan seorang seniman. Kritik tanpa solusi yang kemudian mengundang kekacauan emosi dan krisis kepribadian.

Karya pengarang ternama dunia seperti Haruki Murakami, Anton Chekov, Edgar Allan Poe, Edgar Keret, Ernest Hemingway, Franz Kafka, dan sejumlah nama tenar lain juga turut tergabung di dalamnya. Buku juga dilengkapi dengan sejarah pencapaian para pengarang yang akan menambah pengetahuan pembaca. (Leli Erwinda - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KUMPULAN CERPEN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28293039

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit