Belajar Inovasi untuk Menang Cetak E-mail
(1 vote)

Teruslah Berinovasi agar Mampu Bersaing

Zaman modern membuat segala  kehidupan berubah sangat cepat. Berbagai produk inovasi terus bermunculan dan saling merebut perhatian. Jika ditelaah dari disiplin pengambilan keputusan, berinovasi atau tidak sebenarnya pilihan dengan konsekuensi. Memilih tidak berinovasi, perusahaan tidak berubah.

Jika mau berinovasi, yang dihadapi ketidakpastian, antara sukses dan  gagal. Risiko inilah yang ditakuti banyak perusahaan. Buku Belajar Inovasi untuk Menang memandu belajar berinovasi. Banyak pekerjaan yang mesti dimiliki dalam berinovasi. Pertama, karena inovasi berisiko gagal, maka hal mendasar yang harus kita miliki adalah keberanian menghadapi kegagalan. Kredo innovate to fail menjadi keseharian di perusahaan inovatif.

Hal kedua adalah learning to see, artinya belajar melihat dan memahami kondisi, terutama problem masyarakat beserta kebutuhan, keinginan, dan hasrat tersembunyi mereka. Selanjutnya adalah learning to conceptualize atau bagaimana merancang konsep yang tepat dalam berinovasi (hal. 5). Selain hal mendasar tersebut buku ini juga memaparkan tentang karakteristik sosok penginovasi, berbagai peluang inovasi, juga kiat sukses berinovasi.

Salah satu hal penting tentang karakteristik inovasi adalah keberanian bermimpi. Keberanian bermimpi berarti keberanian melakukan hal-hal besar dan berbeda dengan yang lain. Kebanyakan pelaku bisnis hari ini masih setengah-setengah dalam berinovasi. “Umumnya, mereka lebih senang berparade dalam keseragaman” (hal. 11). Keberanian melakukan hal besar dan berbeda masih menjadi hal langka.

Buku memberi contoh seorang insinyur muda bernama Wang Chuang. Pada tahun 1995, Wang mendirikan pabrik batere bernama BYD di Tiongkok. Berkat visi dan keuletan Wang, hanya dalam waktu lima tahun BYD berubah dari pabrik kecil menjadi produsen batere terbesar di dunia. Kesuksesan Wang tidak terjadi bergitu saja. Hal tersebut dipengaruhi penguasaan terhadap pengetahuan dan teknologi yang terus bertumbuh, lanskap bisnis dilengkapi dukungan dana yang memadai.

Selain keberanian bermimpi, karakter lain dalam inovasi diperlukan keberanian berubah, berkreasi, berintegritas, dan berdaulat. Buku juga menyinggung karakter inovasi berbasis Indonesia. Ini mengulas inovasi dan gambaran terkait peluang orang Indonesia.

Para inovator Indonesia mesti menyadari kekuatan dan kekayaan nilai lokal Nusantara. Menghadapi layanan asing serba modern, nyaman, dan berkualitas, inovator lokal harus berani bersaing. “Tawarkanlah konsep bisnis bernilai tinggi khas Indonesia disertai empati atau kemanusiaan” (hal. 50). Nilai-nilai tersebut bisa dijadikan konsep menarik yang bisa jadi tidak dimiliki layanan asing. Inilah kekuatan nilai yang sudah ditanamkan orangtua, guru-guru, dan agama sejak dulu.

Adapun peluang inovasi dapat muncul dari berbagai segi seperti keterbatasan, kebersahajaan, kesempitan, kekhawatiran, keberagaman, dan kerumitan. Peluang dari keberagaman karena setiap orang memiliki keinginan, kebutuhan, dan selera yang berbeda-beda dalam masyarakat multidimensional. Keberagaman menyimpan peluang untuk menentukan bidang inovasi yang bisa dipilih untuk dikembangkan (hal. 97).

Meskipun inovasi yang diulas lebih banyak untuk kepentingan bisnis, nilai-nilai yang tersimpan di setiap uraian bisa dijadikan pelajaran semua pihak. Buku memandu masyarakat menjadi inovator yang mampu mempersembahkan produk, layanan, dan karya terbaik untuk bersaing dengan pihak mana pun. (Yaumis Salam - sumber: www.koran-jakarta.com)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MANAJEMEN BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29725525

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit