Cerdas Mempengaruhi Orang Lain dari Bahasa Tubuh & Karakternya Cetak E-mail
(1 vote)
Mengenal Orang Lain Lewat Bahasa Tubuh
 
Karakteristik manusia yang diekspresikan lewat raut wajah tak selamanya dapat dikendalikan karena kondisi jiwa secara otomatis akan mengirimkan sinyal ke wajah.
 
Benarkah manusia hanya berkomunikasi secara verbal? Buku ini memahamkan ada komunikasi nonverbal dalam interaksi sosial berupa bahasa tubuh. Jenis komunikasi ini acap kali kurang diperhatikan. Kemampuan membaca bahasa tubuh sangat penting untuk mengetahui kondisi psikologis dan sifat orang lain yang alamiah maupun situasional berikut cara menyikapinya.
 

Bahasa tubuh sulit dibantah keakuratannya karena sering kali menunjukkan alam bawah sadar manusia. Dia mengomunikasikan informasi tidak terucap mengenai identitas, pikiran, suasana hati, motivasi, dan sikap seseorang. Ini penting dalam komunikasi antarpribadi. Studi tentang bahasa tubuh disebut kinesis atau kinesika. Secara umum, komunikasi lewat bahasa tubuh meliputi kontak mata, ekspresi wajah, dan gerakan anggota badan.

Sebuah penelitian menyebutkan, komunikasi nonverbal yang diperlihatkan seseorang bisa mencapai 80% dari semua komunikasi yang dilakukannya (hlm 12-13). Misalnya, orang berbohong atau jujur bisa dideteksi dari beberapa tanda gerakan mata. Sebab mata tidak pernah bisa berbohong. Lidah bisa saja berkata sebaliknya. Mata bisa memperlihatkan isi hati dan pikiran seseorang.

Ambil contoh, orang yang baru saja bertengkar. Ketika berdamai, tidak langsung saling bertatapan, tetapi hanya sebatas bersalaman. Indikasi itu simbol orang tersebut belum tuntas memaafkan. Orang  tidak jujur terhadap diri sendiri sekaligus terhadap orang lain (hlm 17-19). Dalam sebuah pembicaraan, orang yang berkata jujur akan mampu menatap orang lain secara lebih lama. Biasanya, tatapan tersebut diikuti senyum rekah bibirnya.

Sebaliknya, orang tidak jujur cenderung tak tahan menatap lama lawan bicara, Dalam sebuah penelitian, ukuran normal berkedip sekitar 5-13 kali per menit. Jika seseorang berkedip lebih dari 13 kali per menit diindikasikan berbohong. Begitu pula dari ekspresi wajah dan gerakan anggota badan dapat dibaca  kondisi riil psikologis seseorang.

Karakteristik manusia yang diekspresikan lewat raut wajah tak selamanya dapat dikendalikan karena kondisi jiwa secara otomatis akan mengirimkan sinyal ke wajah. Tentu, memastikan orang berbohong atau tidak lewat ekspresi wajah perlu kehati-hatian. Kesalahan analisis bisa berakibat buruk. Saat mengetahui orang sedang berbohong, pembaca bisa memilih membiarkan atau menyadarkannya tanpa menyinggung.

Lewat ekspresi wajah juga bisa diketahui orang sedang sedih, kecewa, marah, bosan, tidak setuju, dan lainnya. Seseorang terkadang terus nyerocos, kendati lawan bicaranya bosan. Mungkin orang tidak sepakat dengan pembicaraan, namun tak menampakkan terus terang karena segan. Orang yang solider dan introvet cenderung mengiyakan ajakan orang lain secara verbal walaupun bahasa nonverbalnya menunjukkan rasa lelah, ketidaksetujuan (hlm 114). Membaca bahasa tubuh membutuhkan latihan dan pengalaman panjang. Menurut Paul Ekman, seseorang dapat membaca keadaan emosional orang lain lewat pengamatan perilaku nonverbal dengan tingkat kecermatan memadai. Bahkan, lewat kemampuan membaca bahasa tubuh bisa memengaruhi orang untuk jujur, ceria, antusias, melupakan kesedihan, meningkatkan motivasi, dan sebagainya.

Buku ini menerangkan cara memengaruhi orang lain lewat bahasa tubuh yang ditunjukkan seseorang dalam artian pengaruh positif. Membaca bahasa tubuh memiliki kegunaan beragam. Bagi pimpinan perusahaan untuk merekrut karyawan atau pegawai baru. Bagi guru untuk lebih memahami kondisi peserta didik. Dalam berhubungan sosial tentu saja bermanfaat positif.

Buku ini dapat membuka wawasan dan menambah pengetahuan untuk semakin arif menghadapi orang lain dengan memahami bahasa tubuhnya. (Riyanto)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PSIKOLOGI MODERN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28790014

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit