Kultur Sekolah Cetak E-mail
(1 vote)
Menciptakan Sekolah yang Bermutu dan Berprestasi
 
Setiap sekolah memiliki nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan kebiasaan-kebiasaan yang telah disepakati oleh warga sekolah. Kebiasaan-kebiasaan akan mendorong semua warga sekolah untuk bekerjasama yang berdasarkan saling percaya mempercayai. Namun jika sekolah tidak memiliki iklim keterbukaan akan memunculkan gerakan pendidikan tanpa dedikasi dan komitmen. Sehingga kegiatan pembelajaran sebagai rutinitas tanpa adanya komitmen yang jelas.
 
Kultur juga bisa dikatakan filter norma dan nilai dari luar. Bahkan kultur akan menentukan bagaimana komunikasi yang baik antara sekolah, orang tua dan siswa. Jika terjadi permasalahan akan diselesaikan secara kekeluargaan. Baru-baru ini terjadinya kasus siswa dan orang tua memukuli guru disebabkan kurang komunikasi antar warga sekolah.
 
Buku “Kultur Sekolah” Karya Prof Zamroni, Ph.D menjelaskan, jika sekolah memiliki kultur positif akan lancar dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dan program-program sekolah tanpa adanya kendala sedikitpun. Namun semua ini membutuhkan kerjasama kepala sekolah, guru dan siswa, (halaman 64). Sebaliknya jika kultur sekolah bersifat negatif cenderung siswa menolak saran, anjuran dari pihak sekolah. Semisal siswa suka berbuat onar, suka bolos dan sebagainya, (halaman 64).
 
Pengembangan kultur sekolah akan berkaitan dengan tiga dimensi yakni. Pertama, dikembangkan kondisi dan kegiatan sekolah. Misalnya tata letak sekolah, kebersihan, rapat-rapat yang demokrasi dan tepat waktu. Kedua, interaksi anggota kelompok artinya hubungan antar warga sekolah berdasarkan saling kepercayaan, menanamkan persepsi pada siswa agar bersekolah bukan sebagai kewajiban melainkan sebagai kebutuhan.
 
Suasana di lingkungan sekolah mempengaruhi tingkah laku guru-guru karena persepsi tingkah laku kolektif di sekolah. Suasana ini muncul dikarenakan interaksi anggota dan pertukaran perasaan diantara mereka. Selanjutnya, asumsi, keyakinan dan nilai-nilai yang pegang warga sekolah. Dimensi ini tidak bisa diamati secara langsung namun diperlukan wawancara, dialog dan dilakukan penelitian di lingkungan sekolah, (halaman 2-3).
 
Buku dengan tebal 224 halaman ini, membeberkan cara meningkatkan mutu sekolah dan prestasi siswa, membentuk kultur sekolah baru. Namun membuat kultur sekolah membutuhkan waktu yang lama. Bahkan buku ini, menjelaskan langkah-langkah dalam pengembangkan kultur sekolah.
 
Menurut Deal dan Peterson (1999) kultur sekolah miliki daya dorong, yang memiliki dampak sangat kuat untuk melahirkan prestasi yang tinggi dan mengembangkan bagaimana warga sekolah berpikir, bersikap, dan bertindak, (halaman 45). Kultur sekolah yang sehat memiliki korelasi yang tinggi dengan prestasi dan motivasi siswa untuk berprestasi, sikap dan motivasi kerja guru dan produktifitas dan kepuasan kerja guru.
 
Kultur sekolah yakni jaringan yang amat komplek dari bagai ritual dan tradisi sekolah yang dikembangkan oleh para guru, siswa, staf administrasi dan orang tua siswa, yang bertujuan untuk mengatasi problem dan tantangan yang dihadapi sekolah sehingga dapat mengatasinya, (halaman 44). Karena tradisi ini akan diwariskan secara alami ke generasi berikutnya.
 
Buku ini sangat menarik untuk dibaca oleh kepala sekolah, guru dan staf administrasi untuk mengembangkan kultur sekolah sehingga akan menciptakan sekolah yang bermutu dan berprestasi. (Staf Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang)
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
DUNIA PENDIDIKAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29273293

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit