Sebiru Safir Madagascar Cetak E-mail
(1 vote)

Perjuangan Gadis Madagascar yang Menginspirasi

Sebiru Safir MadagascarNovel yang mengulik tema perjuangan meraih cita-cita selalu menarik disimak. Salah satunya, novel Sebiru Safir Madagascar yang merupakan pemenang III Lomba Menulis Novel Inspiratif Indiva tahun 2014. Novel mengisahkan Mirindra, anak pekerja tambang di sebuah kota kecil, Madagascar yang sejak belia kehilangan ibunya. Rindra, panggilan gadis itu, terpaksa masuk sekolah asrama bernama Akany Tafita karena ayahnya harus bekerja di tambang.

Tinah, sang kepala sekolah Akany Tafita, melihat keistimewaan pada diri Rindra yang mampu menyerap bahasa asing bak pasir menelan air. Tinah pun menyemangati Rindra. Ia menceritakan sosok Josse, adiknya yang berhasil kuliah di luar negeri. Ada sosok Maryam yang juga berhasil menyalakan api semangat dalam diri Rindra. “Pendidikan adalah pintu bagi kami untuk meninggalkan kebodohan, keluar dari masa-masa suram,” kata Maryam (halaman 71).

Pada liburan semester, Rindra ikut ayahnya ke area tambang. Dia mengikuti alur kehidupan keras ayahnya. Dengan upah tak seberapa, sang ayah harus mempertaruhkan nyawa. Mimpi dan semangat Rindra semakin membara. Dia ingin menjadi seorang ahli tambang agar kekayaan alam dapat dinikmati rakyat Madagascar, bukan perusahaan tambang asing seperti sekarang. Masalah muncul karena pimpinan tambang memecat ayahnya.

Suatu hari, Josse adik Tinah pulang membawa istri dan anaknya. Awalnya, Rindra begitu bahagia atas kehadiran Josse. Ia berharap pria itu mengajarkan cara meraih mimpi. Namun, Josse justru meremehkan dan mematahkan semangat Rindra. Hingga menjelang ujian kelas 9, Mieke -istri Josse- mengajak anak-anak Akany Tafita berlibur.

Buku menggambarkan sajian seting sejarah Madagascar begitu rinci seperti Palais du Rova yang merupakan area kompleks kerajaan Merina pada abad 17 dan 18. Kemudian juga tentang Palace Royal Hilldi Ambohimanga menjadi daya tarik.

“Rova ini memiliki luas kurang dari satu hektare. Terdiri dari lima istana, satu kapel, dan sembilan makam. Yang pertama bangunan terbesar Manjakamiadana, meski belum selesai, terlihat begitu megah. Ini bukan bangunan asli. Awalnya istana ini dari kayu, bangunan arsitek Prancis bernama Jean Laborde,” (halaman 207).

Tak ada satu pun yang menyangka, liburan itu ternyata jebakan Josse. Saat anak-anak asrama berlibur, Josse meruntuhkan gedung sekolah Akany Tafita. Di tanah itu akan dibangun villa mewah. Rindra dan teman-temannya pun terpaksa menumpang sekolah lain untuk ujian.

Perjuangan Rindra masih berlanjut. Dengan segala keterbatasan, ia berhasil masuk Senior School. Prestasi Rindra begitu gemilang. Namun, badai kembali menghampirinya. Tinah yang menjadi ibu sekaligus penyemangat berpulang. Ia merasa mimpinya untuk kuliah ke luar negeri harus dikubur dalam-dalam. Sangat sulit mendapat donatur tanpa bantuan Tinah.

Rindra pun bekerja di Lemur Park sebagai tour guide sambil tetap berusaha mengajukan proposal beasiswa. Namun, tak satu pun proposalnya berhasil. Secercah cahaya harapan muncul ketika Rindra mendapat informasi beasiswa pertukaran pelajar dari pemerintah Indonesia.

“Aku memiliki harta berharga bernama semangat, dan aku tak akan membiarkannya pudar. Aku pejuang! Aku berhak menang,” tekad Rinda (halaman 278). Pada akhir cerita, semangat dan kerja keras Rindra berhasil mengantarkannya mewujudkan mimpi. Ia mendapat beasiswa untuk kuliah di sebuah Universitas di Indonesia. (Napsiyah - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Haya Nufus (2016), "Sebiru Safir Madagascar", Indiva Media Kreasi, 978-6021-614-53-2: 288 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24481034

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit