7 Steps to Lasting Happiness Cetak E-mail
(1 vote)

Menemukan Kebahagiaan Sejati dalam Keseimbangan Hidup

7 Steps to Lasting HappinessBuku ini menyatakan, kebahagiaan sejati tidak melulu mementingkan kesuksesan pribadi, namun juga mampu menemukan keseimbangan relasi dengan orang lain dalam kehidupan spiritual. Buku menunjukkan tujuh langkah untuk mencapainya. Dalam akhir bab setiap tahapan diberi ringkasan dan refleksi cara memulainya dalam kehidupan.

Langkah pertama, menemukan diri. Dalam bab ini pembaca diajak jujur melihat diri, misi, visi, dan mimpi. Melihat power dalam diri yang kadang belum terungkap secara optimal. Ada kekuatan hebat dalam diri sebenarnya. Cara memulainya, diuraikan akhir bab pertama (hal. 51).

Langkah kedua, mempertahankan sikap positif. Diawali dengan kutipan “Kebiasaan bukan sekumpulan situasi, tapi sikap.” Sikap positif dimulai dengan syukur atas segala anugerah. Jangan mengkhawatirkan pikiran orang lain. Sebaliknya, pembaca jangan tergoda untuk menghakimi orang lain, tapi cobalah untuk melihat bagian diri paling positif. Percayalah bahwa segala sesuatu terjadi untuk alasan bagus (hal. 93).

Langkah ketiga, meningkatkan keterampilan hidup. Pembaca harus fokus pada prioritas hidup. Kemudian hiduplah dalam keseimbangan tubuh, pikiran, dan jiwa. Keseimbangan adalah kunci kebahagiaan (hal. 124). Tanpa keseimbangan, seseorang akan kelelahan dan kehilangan produktivitas. Pilihlah pekerjaan yang disukai dan bangga atas pekerjaan. Jangan lupa menciptakan dan mempertahankan gaya hidup sehat dan kreatif.

Langkah keempat, membangun hubungan yang sehat terutama dengan mencintai tanpa syarat atau pamrih. Inilah cinta sejati. Energi yang mengalir dari cinta ini, benar-benar bisa menghasilkan keajaiban (hal. 174). Kemudian membangun komunikasi yang menyenangkan dan efektif. Empati menjadi kata kunci dalam komunikasi. Menghargai keluarga dan membesarkan anak juga penting. Thomas Jefferson menyatakan, masa paling menyenangkan dalam hidup, saat bersama keluarga.

Langkah kelima, hidup dengan panduan etika dan nilai. Etika tidak hanya persyaratan menjalani hidup, tapi bertanggung jawab terhadap masyarakat. Hal ini bisa dimulai dengan membagun kejujuran dan integritas sampai yang terkecil (hal. 228).

Langkah keenam, kembangkan spiritualitas Anda. Inilah bagian dari keseimbangan jiwa. Perjalanan spiritual membawa kita kembali ke diri yang hakiki, karena di sanalah jiwa kita berada. Cara mengembangkan spiritualitas diawali dengan kebiasaan doa. Doa adalah media yang kuat untuk penyembuhan, harapan, dan keyakinan (hal. 291). Lalu praktikkanlah meditasi. Meditasi tidak hanya melepaskan stress tetapi juga menghubungkan kita dengan makna kehidupan yang dalam.

Bercermin dan belajar dari alam. Alam memiliki banyak pelajaran untuk diajarkan, mengenai keseimbangan dan keselarasan. Alam juga mengungkapkan pengetahuan rahasia tentang penciptaan. Kehidupan akan selalu bergulir. Bahwa setiap musim selalu berganti, begitu juga masa-masa sulit dalam hidup kita pasti akan berakhir digantikan masa-masa bahagia. Mengambil hikmah pada masa-masa penderitaan membawa kita pada kebijaksanaan.

Langkah ketujuh, Nikmati perjalanan hidup. Nikmatilah masa-masa yang ada saat ini. Kemarin adalah sejarah; esok adalah misteri; hari ini adalah berkah; itulah sebabnya hari ini disebut hadiah (present). Nikmatilah hari ini !

Ya, jangan lupa untuk bahagia pada saat sekarang. Bila kita tidak bahagia dengan sekecil apa pun yang kita miliki saat ini, kita mungkin juga tidak akan merasa bahagia walaupun memiliki lebih banyak pada masa yang akan datang. (Bernadeta Wiwik Hesti - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Azim Jamal (2015), "7 Steps to Lasting Happiness", Zahira, 978-6023-720-14-9: 328 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI - KEBAHAGIAAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25231021

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit