Aku Keren!! Cetak E-mail
(1 vote)

Remaja pun Bisa Berpikiran Dewasa

Aku Keren!!Definisi keren bagi tiap remaja berbeda-beda. Namun, sebagian besar dari mereka menilainya hanya bersandar pada perasaan dan akal. Mereka menganggap keren itu berpenampilan fisik menarik, pintar, modis, dan gaul. Padahal, standar keren tidaklah sedangkal itu.

Buku ini membantu para remaja menjadi keren dengan berpikiran dewasa. Remaja berusia 12 hingga 18 tahun. Fisik mereka berkembang karena perubahan hormon, begitu juga pola pikir. Pada masa ini, remaja menjadi lebih condong dekat pada teman daripada orangtua.

Padahal, pada usia ini dia sedang mencari jati diri, bila tanpa bimbingan bisa membingungkan. Mereka merasa sudah besar dan berpikir tidak memerlukan lagi bimbingan orangtua. Maka, ada baiknya remaja tetap mencari cara agar bisa berteman dengan orangtua, misalnya, bermain catur, menonton film, atau sesekali memasak bersama (hal. 35).

Tidak semua bisa menjadi orangtua. Tetapi, ada banyak yang bisa selesai jika dibicarakan. Jadi, berbicara mengenai ganjalan hati sangat penting agar bisa dipecahkan bersama orangtua. Buku ini membantu remaja memahami lebih banyak lagi soal orangtua agar dapat menyikapi secara positif.

Ada kiasan penting dijadikan bekal memilih teman, “Bertemanlah dengan seseorang seperti pedagang minyak wangi daripada seperti pemungut sampah” (hal. 52). Kiasan ini menandakan, seorang teman bisa berdampak baik dan buruk.

Remaja belum banyak pengalaman sehingga mudah terpengaruh. Langkah paling aman memilih teman yang baik. Buku ini memberikan beberapa tips dalam memilih teman. Di zaman modern sekarang, menjadi remaja pintar tidaklah cukup, tapi juga harus kuat secara prinsip (hal. 169).

Setiap orang bisa menjadi kuat. Seseorang yang lemah biasanya terjadi karena orangtua yang mengajarkan untuk menjaga perasaan orang lain. Mereka menjaganya dengan menahan diri untuk tidak menyakiti perasaan orang lain, akhirnya, tidak berani bicara terus terang tentang kebenaran (hal. 170). Oleh karena itu, untuk menjadi remaja kuat, beranilah mengatakan “tidak” kepada mereka yang hanya memanfaatkan.

Salah satu tahapan penting sebagai remaja, rasa tertarik kepada lawan jenis. Mencintai seseorang tentu saja wajar bagi remaja. Ketika dewasa, proses tersebut bisa membuat mereka menemukan pasangan hidup. Namun, menjadi berlebihan bila terjadi pada usia remaja. Anak yang kreatif, banyak kesibukan lebih penting untuk dipikirkan ketimbang hanya tentang perasaan. Misalnya, mengembangkan minat, potensi, dan berteman dengan orang-orang berprestasi.

Buku ini juga menyikapi, cara menghadapi, dan membantu pelaku bullying untuk introspeksi. Sebenarnya, kebanyakan pelaku bullying tidak memahami tindakannya. Internet sesungguhnya salah satu teknologi yang bisa sangat bermanfaat. Begitu juga dengan media sosial. Sayangnya, banyak anak-anak tidak paham menggunakan media sosial secara baik. Buku ini membuka mata para bocah-bocah agar bijak menggunakan media sosial supaya tidak bergantung padanya dan tetap menikmati kehidupan di dunia nyata.

Para remaja perlu membaca buku tersebut agar termotivasi, bukan sekadar paham diri sendiri. Mereka juga harus memahami orangtua, lingkungan, dan mimpi-mimpi masa depan. (Ganda Rudolf - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Nurhayati Pujiastuti (2016), "Aku Keren!!", Bhuana Ilmu Populer, 978-6023-941-84-1: 340 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI - REMAJA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25208601

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit