Resep Tajir 22 Konglomerat Indonesia Cetak E-mail
(2 votes)

Menimba Pelajaran dari Pengusaha Sukses

Resep Tajir 22 Konglomerat IndonesiaKewirausahaan diakui mampu menopang kemajuan sebuah negara. Di Pembangunan, Jepang berhasil karena terdapat banyak wirausahawan. Bahkan 99% orang kaya Amerika Serikat (AS) adalah dengan berwirausaha. Buku ini memberi inspirasi kewirausahaan dengan menyajikan profil dan resep sukses para pengusaha ternama Indonesia. Ada 22 nama yang diulas, misalnya Ciputra. Dia mempunyai banyak perusahaan, terutama di bidang properti. Perjuangannya berangkat dari masa kecil yang penuh kesederhanaan, bahkan lebih dekat dengan kemiskinan.

Namun, dia tidak menyerah pada keadaan. Kendati dari segi usia sempat terlambat masuk jenjang sekolah dasar, dia bertekad mengubah nasib. Karena giat dan tekun, Pak Cik, begitu biasa dipanggil, berhasil menjadi insinyur lulusan Institut Teknologi Bandung. Bisnisnya dimulai sejak mahasiswa sekitar tahun 1957. Bersama teman kuliahnya mendirikan PT Daya Cipta (hlm 12-18).

Ciputra berpandangan pendidikan penting sebagai bekal kesuksesan. Dia mendirikan sekolah dan Universitas Ciputra. Pak Cik juga selalu mendengungkan betapa urgent-nya kewirausahaan. Resep sukses wirausaha bagi pemula adalah mutlak mempunyai keinginan kuat dan penuh semangat.

Resep lainnya integritas. “Seorang entrepreneur sejati harus konsisten dengan prinsip, kode etik yang berlaku, dan kebijakan," kata Ciputra. Keberanian mengambil risiko dan kaya ide-ide kreatif juga bagian resep suksesnya. Dia memberi pedoman supaya setiap wirausahawan menerapkan sikap adil, jujur, dan benar. Jujur kepada Tuhan, pasti akan selalu jujur kepada sesama. Amanah juga resep sukses. “Amanah itu datang dari pemangku kebijakan atau pemerintah daerah, bank, dan para investor. Mereka sudah percaya kepada kita. Jadi jangan disia-siakan karena kepercayaan itu tak ternilai harganya,” jelasnya (hlm 21-26).

Melalui buku ini juga bisa menimba resep sukses dari Chairul Tanjung. Sebelum menjadi raja media dan konglomerat seperti sekarang, dia telah melewati pahit getir kehidupan. Sejak kecil, pemilik Transcorps ini bertekad mendobrak kondisi tersebut untuk mencapai kemapanan hidup. Dia mendapat dukungan orangtua. Resep suksesnya,  kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, syukur kepada Tuhan, dan sabar. Ikhlas dan kesabaran dalam berproses amat berguna. Dia merasa prihatin terhadap sebagian masyarakat Indonesia yang memiliki penyakit ingin segala sesuatunya serba instan. Menurutnya, itu harus diubah.

Pengusaha yang kini melebarkan sayapnya ke ritel ini mengingatkan, jangan sampai tidak menghormati dan menyakiti ibu jika ingin sukses. “Ibu adalah jimat kesuksesan saya dan Anda. Tidak pernah ada orang sukses yang tidak hormat kepada orangtua, terutama ibu,” tuturnya. Resep sukses lainnya, kepandaian membangun jaringan (networking) dan menciptakan bisnis yang tidak biasa (unusual). Maksudnya, bisnis yang belum dikerjakan baik dari segi produk, cara pemasaran maupun lainnya (hlm 39-42).

Selain dua sosok tadi, buku juga menguraikan kisah sukses dan kegigihan 20 pengusaha Indonesia lainnya seperti Eka Tjipta Widjaja dan Kartini Muljadi. Dari mereka ada pelajaran disiplin dan tidak mudah putus asa. Dalam dunia kewirausahaan harus membangun dasar lebih dulu. Kesuksesan berwirausaha tidak cepat. Buku tidak mengajak terkesima dengan kegemilangan bisnis dan kekayaan mereka. Kegigihan dan resep sukses mereka layak dihayati supaya bisa mengaca dan memotivasi diri. (Riyanto - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Radis Bastian (2015), "Resep Tajir 22 Konglomerat Indonesia", Laksana, 978-6023-910-25-0: 188 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI - BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215132

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit