Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif Cetak E-mail
(1 vote)

Panduan Menjadi Guru Inspiratif bagi Siswa

Rahasia Jadi Guru Favorit-InspiratifGuru adalah agen pendidikan yang berperan penting dalam keberhasilan penyelenggaraan proses belajar. Tidak salah pernyataan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Fuad Hassan, sebaik apa pun kurikulum jika tidak didukung guru berkualitas,  sia-sia.

Maka sayang, banyak guru mengalami disorientasi karena mengajar tidak sepenuh hati. Kadang, dia hanya hadir di kelas tanpa menginspirasi siswa. Sebagai tokoh sentral dalam pembentukan karakter murid, guru harus sadar diri (hlm 5).

Ada perbedaan signifikan antara guru kurikulum dan inspiratif. Yang pertama mengajar saklek sesuai kurikulum tanpa pengembangan lebih lanjut. Guru inspiratif terbuka dan berupaya mencari berbagai kemungkinan baik dari orang lain, literatur, internet, dan sebagainya, agar pembelajaran menjadi aktif, inovatif, serta  menyenangkan. Dia menjadi inspirasi murid.

Metode pendekatan, sarana, atau media pembelajaran bervariasi. Misalnya dalam metode ceramah di kelas atau bersifat informatif tidak sekadar berbicara sesuai patokan buku, tetapi mengeksplorasi. Ketika materi pelajaran menyebut nama Alexander Graham Bell tak cuma menyebutnya  sebagai penemu telepon. Dia bercerita tentang jejak kehidupan Bell, ketekunannya hingga bisa menghasilkan penemuan besar. Ketika nama Bung Karno disebut, guru bercerita tentang sekolah dan ketekunannya belajar.

Murid-murid diajak mengenal nama-nama besar dan mengetahui jejak kehidupannya. Dia bercerita banyak tentang cita-cita, masa depan, impian, tokoh-tokoh dunia, dan tindakan-tindakan besar.

Begitu pula ketika ada materi pelajaran tentang Indonesia, tak sekadar mengatakan luas dalam angka. Dia juga bercerita dari Sabang sampai Merauke dengan kekayaan alam, keragaman budaya, potensi kelautan, dan kebesaran sejarahnya (hlm 30-36).

Di dalam kelas, guru juga membuka kesempatan murid-murid bertanya, berpendapat, berdiskusi, dan berbicara. Menurut National Board For Professional Teaching Standard, selain menguasai materi pelajaran dengan baik, guru harus mampu berimprovisasi dalam mengajar. Dia harus dapat memfasilitasi siswa  agar mencapai prestasi tertinggi.

Pendidik memperhatikan kecerdasan anak didik. Jangan ada pengelompokan siswa dalam kategori cerdas, biasa, atau kurang pandai. Pengajar harus mengenali jenis-jenis kecerdasan individu-individu.

Guru inspiratif menghargai dan berempati terhadap peserta didiknya dari berbagai latar belakang. Dia terlibat secara penuh untuk mengamati, menganalisis, memahami gaya belajar dan kemampuan tiap siswa. Asumsinya, seluruh murid itu cerdas, tak ada yang bodoh. Pendidik  inspiratif akan bisa merangsang dan menyemangati siswa untuk berkeinginan belajar terus-menerus.

Sifat lain pendidik panutan bisa menstimulasi mental guna mendorong pelajar memahami cara pandang,  imajinasi, dan cita-cita. Itulah sosok yang dipercaya dan diteladani karena sukses menanamkan karakter positif para siswa di kelas (hlm 140-160). (Nazola Soares - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Yanuar A. (2015), "Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif", DIVA Press, 978-6020-806-28-0: 236 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
DUNIA PENDIDIKAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25229959

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit