Sehat Itu (Bisa) Murah! Cetak E-mail
(1 vote)

Setiap Orang Berhak Untuk Berlaku Hidup Sehat

Sehat Itu (Bisa) Murah!Kanker, penyakit jantung, penyakit lever, diabetes, hipertensi, stroke, dan kolesterol tinggi awalnya disebut “penyakit usia dewasa.” Kenyataannya, penyakit tersebut tidak mengenal usia. Setelah dikaji dan diteliti, mereka diubah menjadi “penyakit gaya hidup” karena  kebiasaan sehari-hari.

Akumulasi kebiasaan tidak sehat, muncullah penyakit. Buku ini secara runut menerangkan beragam manfaat kesehatan dari bangun pagi sampai tidur malam, siklus alami tubuh. Kondisi lever (hati) yang suka begadang dan bangun siang potensial terganggu. Orang yang tidur malam kurang dari 6-8 jam juga kehilangan hormon melatonin, yang dapat menghentikan atau memperlambat bakteri kanker tubuh. Kurang tidur malam bisa melemahkan jantung.

Kebiasaan tidak sehat lainnya malas berolah raga. Buku ini memaparkan manfaat berolah raga. Misalnya, manfaat lari pagi, bisa menjaga kesehatan jantung, menguatkan tulang, membakar lemak, dan meningkatkan kecerdasan. Dr David Jacobs menjelaskan, saat berlari, maka sirkulasi darah berjalan baik dan lancar. Aliran darah yang bersirkulasi di jantung pun meningkat, sehingga mampu memasok kebutuhan darah di beberapa organ lain seperti otak.

Penelitian lain malah menyebutkan, lari pagi secara teratur bisa meningkatkan keterampilan kognitif seseorang dan menurunkan risiko yang berkaitan dengan penurunan mental (hlm. 31-33). Sedangkan jalan kaki minimal 30 menit sehari, menurut penelitian, bisa menghindarkan dari penyakit diabetes. Jalan kaki juga bermanfaat membakar lemak dalam tubuh dan menurunkan stres.

Saat berjalan kaki, hormon-hormon positif dalam tubuh akan diolah seperti adrenalin, serotonin, dopamine, dan endorfin. Hormon-hormon tersebut berfungsi sebagai akar dari seseorang untuk mendapat kegembiraan, daya tahan tubuh, dan membantu menurunkan risiko stres.

Banyak penelitian juga membuktikan, jalan kaki setidaknya satu jam setiap hari bisa menurunkan risiko kanker payudara pada wanita (hlm. 55-59). Risiko diabetes juga bisa berkurang dengan kebiasaan bersepeda. Setiap orang bisa memilih jenis olah raga sendiri.

Lebih baik  bervariasi setiap hari dengan kadar yang tepat. Hiromi Shinya, MD, guru besar kedokteran Albert Einstein College of Medicine Amerika Serikat mengatakan, terlalu berlebihan berolah raga dapat merusak kesehatan. Kasus seseorang meninggal mendadak saat joging akibat gagal jantung karena faktor tersebut. Memberi tekanan pada otot-otot atau persendian terlalu berlebihan bisa menghasilkan radikal bebas dalam tubuh. Berolah ragalah setiap hari, namun hindarilah tekanan yang berlebihan.

Dalam sehari-hari, biasakanlah juga minum air putih. Tubuh manusia terdiri dari 70% air. Tak hanya darah atau jaringan berlendir dan lunak yang jelas terlihat dibentuk dari air, tetapi puluhan triliun sel tubuh dibangun dari air. Setiap organ tubuh membutuhkan air.

Air di sini bukan teh, kopi, sirup, soda, tetapi air bening (putih). Selain memenuhi kebutuhan tubuh, air putih bermanfaat menjaga fungsi ginjal dan membersihkan usus. Kotoran dalam usus dapat menghalangi proses penyerapan nutrisi. Usus besar yang banyak kotoran menempel akan menyebabkan berbagai penyakit. Cara termudah membersihkannya dengan minum air putih sebanyak mungkin. Batas minimalnya 6-8 gelas atau 1,5 liter sehari (hlm. 87-90).

Buku ini menekankan kesehatan pada aktivitas sederhana yang penting, namun cenderung diabaikan. Pembaca bahkan bisa mengerti manfaat sarapan, tidur siang, mandi, menyikat gigi, mendengarkan musik, menulis, tertawa, dan menangis bagi kesehatan tubuh. Hidup sehat tak harus mahal. (Bety Widyastuti - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Farida Perdana Hanif (2015), "Sehat Itu (Bisa) Murah!", Flash Books, 978-6023-910-07-6: 176 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215262

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit