Ayat-Ayat Cinta 2 Cetak E-mail
(1 vote)

Kisah Ideal Santri Intelektual yang “Go Internasional”

Ayat-Ayat Cinta 2Seperti halnya novel Ayat-Ayat Cinta (AAC), Ayat-Ayat Cinta 2 (AAC 2), juga masih menokohkan Fahri Abdullah yang makin bersinar karena menguasai ilmu agama dan  menjadi Doktor Filologi, serta konglomerat berhati emas.

Warisan istrinya, Aisyah, gadis Turki dari keluarga kaya di Jerman berhasil dikembangkan Fahri melalui bisnis supermarket, butik, dan restoran di Inggris, Amerika, serta Jerman. Bisnisnya berhasil sehingga Fahri pun kaya raya. Kekayaannya sepenuhnya untuk mengembangkan agama khususnya di Inggris.

Bagi Fahri, harta adalah titipan Allah, maka harus digunakan untuk kepentingan tersebut. Di Edinburgh, Inggris, misalnya, dia rela mengeluarkan uang ratusan ribu Poundsterling untuk membiayai Keira, anak tetangganya (Janet) yang mempunyai bakat musik (biola). Dia mengursuskan anak tersebut  sampai menjadi juara dunia. Padahal Keira beragama Kristen dan sangat membenci Fahri.

Ia juga mengeluarkan banyak uang untuk membantu rakyat Palestina dan membangun masjid di mana-mana. Tak hanya itu, Fahri juga menjadi dosen idola di Edinburgh University. Dia menjadi pembicara di berbagai seminar internasional, termasuk pembicara tetap dalam kelompok diskusi elite di Oxford University, Inggris.

Pendek kata Fahri Abdullah adalah tokoh ideal santri intelektual yang go internasional. Fahri, misalnya pernah berdiskusi tentang amalek (manusia jahat yang pantas dibunuh dalam versi agama Yahudi) dan agama cinta. Dia menyatakan, bangsa Yahudi menjadi pilihan Tuhan asal mengikuti semua perintah Tuhan.

Kenyataannya, bangsa Yahudi termasuk bangsa pembangkang dan sering menentang Tuhan (hal. 420-450). Pembaca AAC 2, di samping bisa menikmati kisah cinta dan perkawinan Fahri yang penuh liku, juga  khasanah keilmuan melalui narasi panjang diskusi-diskusi di Edinburgh dan Oxford University.

Prof Dr Yunahar Ilyas mengungkapkan, “Ini bukan sekadar novel, tapi sebuah cita-cita dan pemikiran besar” (halaman sampul). Novel AAC 2 karya Habiburrahman El-Shirazy ini dalam khasanah sastra modern mungkin dianggap klasik karena tokoh utama yang ditampilkan nyaris seperti malaikat.

Kalangan satrawan modern penganut paham liberalis bisa jadi menganggapnya bukan novel besar, tapi hanya cerita biografi ilusif. Tapi bagi pembaca awam, khususnya kalangan muslim, AAC 2 benar-benar novel besar yang menggugah.

Banyak inspirasi dan pelajaran yang bisa dipetik dari novel ini baik dari aspek pengetahuan, keimanan, maupun kemanusiaan. Novel sepanjang 690 halaman ini tak membosankan karena di dalamnya memuat banyak kisah kemanusiaan, beragam pengetahuan, dan berbagai hikmah yang mencerahkan! (Prof Dr M Bambang Pranowo)

>>Baca Novel Ayat-Ayat Cinta 1<< 

 

 

, Habiburrahman El-Shirazy (2015), "Ayat-Ayat Cinta 2", Republika, 978-6020-822-15-0: 690 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL SASTRA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29367359

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit