Kekuatan Pikiran Cetak E-mail
(1 vote)

Seni Menata Kekuatan Pikiran

Kekuatan PikiranBerdasarkan penelitian James Borg, dalam buku ini, diketahui bahwa dalam sehari manusia bisa berpikir sebanyak 60.000 hingga 80.000 kali. Ini berarti, pada dasarnya hidup manusia nyaris dikendalikan pikiran sendiri. Kejadian masa lalu, kini, dan nanti adalah buah pikiran manusia. Setiap pribadi menjadi pengendali utama perjalanan hidup sendiri. Ini sedikit banyak berimplikasi pada perjalanan hidup manusia secara umum.

Pikiran memiliki kekuatan luar biasa yang mampu menggerakkan dan menentukan hidup. Pikiran menciptakan realitas. Semakin baik mengatur, mengelola, dan menciptakan pikiran dalam situasi positif, dinamis, progresif, serta  optimistis, manusia semakin  dekat kesuksesan.

Sebaliknya, jika manusia tidak bisa mengendalikan pikiran, dia akan bergerak liar mengarah negatif. Jika dibiarkan, berarti manusia telah merusak, mencemari, bahkan menghancurkan diri. Sebab setiap orang adalah pencipta pikiran sendiri. Kemampuan untuk ‘menolak’ pikiran negatif dalam diri berada di tangan tiap individu (hal. 27).

Jika memikirkan sesuatu yang membuat depresi, takut, marah, atau salah, seseorang sebenarnya sedang menyakiti diri sendiri. Dia telah mengundang rasa tidak nyaman dan ketidakbahagiaan hidup. Seseorang bertanggung jawab atas rasa sakit yang dirasakan. Jika pikiran negatif ini tidak bisa disingkirkan, maka sepanjang hidup, orang akan merasa sakit dan tidak damai.

Contoh seorang bernama Jane saat hendak berangkat ke kantor. Dia memikirkan andai kareta terlambat. Pikiran ikutannya, dia  akan terlambat rapat. Manajernya (Andew) akan marah. Dia akan minta Simon (temannya) menangangi klien. Mereka akan mendorongnya berhenti. Dia harus berhadapan dengan Ibu Potter. Dia yakin akan terjadi pertengkaran. Ibu itu akan menarik rambutnya. Petugas keamanan datang. Ibu Potter mengajukan tuntutan. Akhirnya berakhir di pengadilan dan memenjarakan Janet (hal. 29). 

Jane telah menciptakan ‘film pendek’ yang menyeramkan dalam pikirannya berkecepatan amat tinggi. Jika berpijak pada pendampingan yang dilakukan Borg selama beberapa tahun di berbagai daerah, kondisi Jane sebenarnya juga banyak “menyerang dan menikam” pikiran manusia modern.

Sebanyak 90% orang yang didampingi Borg mengaku selalu berpikir negatif. Setelah sesi tanya jawab secara lebih mendalam, ternyata 100% mereka terinfeksi pikiran negatif, disadari atau tidak (hal. 97).

Solusi yang ditawarkan adalah pendekatan MIND Control, sebuah model pertolongan diri nonklinis untuk mengubah dan mengendalikan pikiran. Berbagai peristiwa, seperti marah, stres, depresi, dan ketidakbahagiaan sebenarnya bisa dianalisis menggunakan model ini. (M) mempresentasikan pembangkit mental yang menyalakan aktivitas kognitif. (I) mempresentasikan pikiran irrational yang bercokol dalam diri. (N) mewakili emosi dan perilaku negative sebagai konsekuensi dari (I). Sedangkan (D) merupakan proses dispute, mempertanyakan pikiran otomatis dalam diri untuk mendapat makna yang lebih realistis. Selanjutnya (C) berperan sebagai control atas pikiran dan perilaku (hal. 106).

Dengan mengikuti dan mencermati berbagai ilustrasi serta visualisasi dalam buku, pembaca akan terobsesi menjadi orang lebih optimis. Pembaca juga akan bersemangat dalam menentukan sikap  hari ini. Dia juga memaknai peristiwa masa lampau dan menatap masa depan. Muaranya, pembaca tidak akan member ruang sedikit pun dalam diri bagi kehadiran pikiran negative. Sebab itu justru akan mengantarkan pada hidup tidak berkualitas: kegagalan atau kesengsaraan! (Dr Abdul Wahid Hasan)

 

 

, James Borg (2015), "Kekuatan Pikiran", Serambi, 978-6022-900-59-7: 312 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PSIKOLOGI MODERN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203399

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit