Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD Cetak E-mail
(1 vote)

Meningkatkan Kualitas Guru PAUD

Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUDUU Sisdiknas No 20/2003 menegaskan bahwa pendidikan usia dini adalah upaya pembinaan anak usia 0-6 melalui perangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani agar siap memasuki tahap sekolah  lebih lanjut.

Fase usia dini perlu dibina agar talenta berkembang maksimal. Jika berhasil,  generasi bangsa yang berkualitas dapat tercapai. Dalam usaha pendidikan, orangtua tentu saja memainkan peranan penting, tapi terkendala kekurangan kapasitas.

Sebagai langkah strategis, kini bermunculan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang bisa menjadi mitra orangtua dalam mendidik anak. Pertanyaannya, apakah anak yang disekolahkan di PAUD secara otomatis berkembang dan bertumbuh secara optimal?

Buku ini disusun untuk dapat meningkatkan kualitas guru PAUD lewat manajemen mutu secara terstruktur, terarah, dan sistematis. Bab-bab buku meliputi urgensi manajemen mutu guru, kompetensi, dan penelitian tindakan kelas (PTK). Kemudian, mengembangkan kecerdasan majemuk anak, menciptakan pembelajaran menyenangkan, kendala pengembangan guru, menuju profesionalisme, tips praktis manajemen mutu guru, dan kemitraan strategis.

Manajemen mutu mendesak dilakukan mengingat fakta masih menunjukkan bahwa pengalaman, pendidikan, dan kematangan guru PAUD masih jauh di bawah standar (hlm. 13). Guru harus berorientasi pada peningkatan kualitas dalam berbagai aspek. Manajer dan pemimpin lembaga PAUD memiliki fungsi transformasional dalam menggerakkan program peningkatan kualitas guru secara gradual, terukur, dan fungsional.

Berdasarkan peta permasalahan di lapangan, kepala sekolah perlu mendorong guru untuk meneruskan studi minimal S-1 dan mempraktikkan teori yang diperoleh. Kurangnya keilmuan guru bisa menjadi bumerang, sebab PAUD membutuhkan spesifikasi kemampuan dalam mengelola potensi dan karakter anak belia. Forum diskusi guru harus intensif digalakkan guna  mengembangkan wawasan dan menajamkan pemikiran dalam merespons masalah kontemporer. Hal tersebut lalu dianalisis kritis dan dicarikan solusi (hlm. 68).

Guru harus menguasai PTK, tidak hanya secara teori, tetapi juga praktik. PTK menjadikan guru paham secara detail mengenai persoalan di kelas. Dia harus mampu mengidentifikasi penyebab, menawarkan alternatif solusi, serta mengaplikasikan metode dan teknik baru dalam pembelajaran sesuai dengan tingkat intelektualitas psikologis anak didik (hlm. 102).

Tugas selanjutnya, mengembangkan kecerdasan majemuk agar mampu mengoptimalkan kecerdasan anak. Anak biasanya hanya menonjol salah satu kecerdasannya. Tugas guru mengidentifikasi potensi terbesar anak. Kemudian mengasahnya terus-menerus agar muncul ke  permukaan.

Dalam setiap pembelajaran, guru harus menciptakan fun education, sehingga anak bisa menikmatinya tanpa merasa terpaksa, apalagi tertekan. Semua harus berjalan penuh kasih sayang. Di sini, selain menguasai metode, guru juga harus mempunyai stabilitas emosi. Ciri-ciri fun education bisa dilakukan dengan  bercerita, bermain sembari belajar, lebih banyak luar kelas. Anak bebas berekspresi. Sekali-sekali diadakan study tour (hlm. 215-218).

Buku ini mendorong terjalinnya kemitraan strategis pemerintah, dunia usaha, tokoh masyarakat, dan pers. Kerja sama ini mempercepat proses pematangan akademik, penyempurnaan sarana prasarana, kesadaran masyarakat, dan keunggulan  program-program PAUD. (Dwi Priyanto - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Jamal Ma`mur Asmani (2015), "Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD", DIVA Press, 978-6023-910-65-6: 252 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
DUNIA PENDIDIKAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28559951

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit