Khadijah; Perempuan Teladan Sepanjang Masa Cetak E-mail
(1 vote)

Menimba Inspirasi dari Sosok Khadijah

Khadijah; Perempuan Teladan Sepanjang MasaKhadijah adalah sosok yang penuh inspirasi dan teladan bagi umat. Perempuan yang jadi panutan dalam ketaatannya kepada Allah dan suami. Ia juga perempuan tangguh yang tidak pernah berputus asa terhadap cobaan apapun yang menimpanya. Ia adalah perempuan mulia yang diciptakan untuk Rasulullah.

Pada masa Islam, Khadijah mendapat gelar Ummul Mukminin (ibu orang-orang beriman). Tak setiap perempuan mendapat gelar dan panggilan ini. Dialah perempuan beruntung yang memiliki berbagai keistimewaan yang hanya dimiliki oleh sedikit perempuan. Tak sembarang perempuan dapat menikah dengan Rasulullah Saw, sebab beliau hanya menikah atas petunjuk dan bimbingan Allah Swt.

Khadijah mengerahkan segenap kemampuannya untuk meringankan beban Rasulullah Saw, keluarga, dan seluruh umat Muslim ketika terjadi pemboikotan dan embargo. Secara diam-diam, dia menghubungi keluarga, sanak saudara, dan orang-orang dermawan. Khadijah meminta mereka untuk mengirimkan makanan  agar dia dan orang-orang Muslim lainnya dapat bertahan hidup. (halaman 17).

Abu Hurairah r.a. menceritakan bahwa Rasulullah pernah bersabda. “Perempuan penghuni surga paling mulia adalah Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, Maryam binti Imran, dan Asiyah binti Muzahim.” Dari sabda Rasul tersebut membuktikan ,bahwa kedudukan Khadijah sangat tinggi dan mulia di mata Allah dan Rasulullah.

Dalam silsilahnya, Khadijah dilahirkan dari kedua orang tua keturunan Quraisy. Ayahnya bernama Khuwailid ibn Asd Ibn Abdul Uzza. Abdul Uzza adalah saudara dari Abd Manaf, salah satu leluhur Nabi Muhammad Saw. Baik Abdul Uzza maupun Abd Manaf merupakan putra Qushay ibn KIlab. Dengan demikian, nasab Khadijah r.a. bertemu dengan Nabi Muhammad Saw. Terdapat pada kakek keempat, yaitu Qushay ibn Kilab. (halaman 64).

Khadijah merupakan pemberi motivasi yang sangat besar terhadap dakwah Rasulullah dan pendamping setia dalam suka dan duka. Dia lah perempuan dan orang pertama yang bersaksi bahwa tiada Tuhan Selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah. Ketika Khadijah selesai mengatakannya, Nabi pun tersenyum.

Semua kegundahan yang meliputi Rasulullah pun sirna. Kesedihan yang melingkupinya pun hilang. Terbukalah harapan di hadapan beliau berkat perempuan mulia itu. Khadijah, adalah perempuan agung pada zaman jahiliyah dan Islam. Keislamannya termasuk peristiwa paling penting dalam sejarah risalah yang menyeru kepada Allah Swt. (halaman 196).

Dengan peran Khadijah dalam dakwah Rasulullah, beliau merasa beban yang diberikan Allah Swt untuk menyampaikan risalahnya terasa ringan. Setiap kali Rasulullah mendengar hal yang tak menyenangkan dari orang yang menolak beliau, Allah Swt memberi kemudahan melalui Khadijah. Ketika Rasulullah pulang, Khadijah selalu menguatkan, meringkan beban, meyakinkan, dan menghibur beliau agar tabah menghadapi segala sesuatu.

Seperti itulah keimanan Khadijah, yang telah mengenal Allah Swt. Mengetahui benar keutamaan dan anugerah yang Dia limpahkan kepadanya dan suaminya. Karena itulah, dia merasa tenang, tenteram, dan diliputi kedamaian. (halaman 197).

Khadijah, sosok yang begitu di sayang oleh Rasulullah, hingga saat kepergiannya menghadap Allah, membuat Rasulullah sangat bersedih dan kehilangan yang begitu dalam. Orang-orang yang menerima kabar ini dengan kesedihan yang menyakitkan dan kenangan-kenangan yang indah tentangnya.

Dia adalah perempuan yang tidak ada duanya. Dia menjalani kehidupan seperti angin yang lembut lagi sejuk. Dia tidak pernah berbuat buruk pada siapapun, dan dari mulutnya tak pernah terdengar kalimat yang menyakiti pendengaran. Dia tidak pernah ikut campur pada perkara-perkara yang tak bermanfaat.

Membaca buku ini mengingatkan kita akan romantisme kisah cinta sepasang manusia mulia yang sarat dengan perjuangan, kesetiaan, kasih sayang, optimism hidup, kesabaran, dan keintiman dengan Sang Pencipta. Maka, tidaklah salah jika buku ini menyajikan hidangan spiritual bagi keluarga dan generasi muda yang haus dan rindu akan narasi ketaladanan. Selamat membaca. (Muhammad Saleh)

 

 

, Ibrahim Muhammad Hasan Al-Jamal (2015), "Khadijah; Perempuan Teladan Sepanjang Masa", Mizania, 978-6021-337-26-4: 363 Halaman. 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203263

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit