Buku Kehidupan; Panduan Harian Menuju Kebahagiaan Hidup Cetak E-mail
(1 vote)

Kegembiraan Hati Sumber Segala Kesehatan

Buku KehidupanAndai ada pencuri menyelinap masuk ke rumah, merampas harta benda, orang akan bersedih, bukan? Namun, jika pencuri masuk ke dalam hati dan merampas kegembiraan dari dalam hati, apakah orang akan berduka lara? Masaharu Taniguchi lewat buku ini menegaskan bahwa kegembiraan hati jauh lebih penting dari harta apa pun.

Hal itu didasari penelitian ilmiah, kondisi hati memengaruhi kualitas kehidupan seseorang. Hati gembira akan mengundang kebaikan. Sebaliknya, hati sedih mendatangkan keburukan. Hati kelabu, segala sesuatu akan berakhir begitu. Hati cerah, segala sesuatu akan tampak indah. Hati yang positif mempunyai efek-efek konstruktif terhadap kepribadian, kesehatan, kreativitas, kesehatan mental, dan prestasi kerja.

Semakin positif kondisi hati, manusia tambah bahagia. Kondisi hati negatif akan mengurangi energi. Karena itu, jika ingin hidup bahagia, manusia harus menanamkan berbagai emosi positif dan membuang jauh-jauh semua emosi negatif.

Meskipun tidak begitu memengaruhi kesehatan, hati yang tidak riang, khawatir, dan murung dapat mematikan rambut. Contohnya, uban prajurit yang kembali dari medan perang. Umumnya, rambut mereka cenderung cepat memutih (hlm. 71). Bahkan, kerutan di dahi dan antara kedua alis, maupun sudut mata ketika manusia mencapai usia paruh baya merupakan hasil kerutan bertahun-tahun berdasarkan pergerakan hati yang tidak positif. Kemunculan jerawat, bisul, atau bintik-bintik di kulit juga akibat kedongkolan dalam hati (hlm. 82-83).

Jika hati cerah, peredaran darah seluruh tubuh lancar dan gerakan tubuh pun menjadi menyenangkan. Hati marah, takut, terguncang, gelap, kalut, suram, dan sejenisnya akan menimbulkan racun dalam darah dan menyebabkan kekuatan tubuh menghilang. Sebaliknya, hati yang gembira bisa mengatur fisiologi tubuh dan menimbulkan zat baik, sehingga menjadi gizi untuk mengaktifkan kerja sel-sel dalam tubuh manusia. Masaharu Taniguchi memaparkan fakta tersebut berdasarkan kondisi pencernaan.

Penelitian menunjukkan, dalam mulut akan timbul air liur dengan daya cerna sangat kuat jika bersantap dengan hati senang. Kegembiraan hati akan menarik kesenangan-kesenangan lain seperti kesehatan yang prima. Ketika dilakukan pengujian terhadap daya cerna air liur orang yang berumur panjang, diketahui bahwa air liurnya mempunyai daya cerna 20.000 kali lipat. Sebaliknya, jika makan dengan hati tidak senang, air liur dalam mulut akan mempunyai daya cerna lemah. Hal itu juga terjadi pada pencernaan di lambung dan usus (hlm. 98).

Sungguh mengagumkan kondisi hati terhadap kehidupan. Ada peribahasa, “Rezeki menghampiri pintu gerbang yang riang.” Begitu kerasnya mencari uang dengan bekerja tidak akan kesampaian hasilnya, tanpa hati cerah, hati makmur, hati yang berdoa, dan hati yang bersyukur. Hati yang mengeluh dan muram tidak akan membawa kemakmuran dan kenyamanan hidup (hlm. 113).

Pembaca perlu melakukan refleksi kritis terhadap diri jika kehidupan masih dirasa kusut dengan permasalahan-permasalahan. Barangkali, penyebabnya karena kondisi hati tidak positif. Hati yang cerah adalah harta paling berharga, lebih daripada materi atau kekayaan apa pun. (Armawati - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Masaharu Taniguchi, PhD (2015), "Buku Kehidupan; Panduan Harian Menuju Kebahagiaan Hidup", Serambi, 978-6022-900-60-3: 242 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447831

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit