Cabin Notes; Cerita Inspiratif Seorang Pramugari Cetak E-mail
(1 vote)

Catatan Perjalanan Seorang Pramugari

Citra kru kabin pesawat, terutama pramugari, kebanyakan seputar cantik, ramah, menarik, berwawasan luas. Selain itu, ada juga cerita-cerita “miring” tentang para ‘wanita udara’ ini. Sejarah pramugari diawali Mei 1930, saat Ellen Church, seorang perawat ingin menjadi pilot di Boeing Air Transport. Dia kemudian diberi tugas menenangkan penumpang yang takut terbang.

Lewat buku ini, penulis buku, seorang pramugari, ingin berbagi kehidupannya. Ia membagi bukunya menjadi 4 bagian: Thrust, Lift, Drag, dan Weight. Keempatnya gaya-gaya yang dibutuhkan pesawat saat mulai mengudara hingga kembali mendarat. Jika manusia diibaratkan sebuah pesawat, akan membutuhkan gaya-gaya tersebut untuk menghadapi hidup.

Thrust adalah gaya dorong yang dihasilkan mesin pesawat. Hal ini mewakili motivasi dalam diri manusia. Motivasi mendorong untuk berbuat, melakukan sesuatu. Motivasi menjadi kekuatan menjalani kehidupan, meski mesti melawan arus atau berulang kali bangkit dari kegagalan.

Motivasi kuat juga yang telah membuat penulis berhasil meraih impiannya untuk menjadi seorang pramugari, meski berbagai rintangan harus dilalui mulai kegagalan pertama saat melamar ke sebuah maskapai. Dia  gagal pada tahap awal karena kurang tinggi. Dia terpaksa beralih sebagai pegawai darat. Baru beberapa tahun kemudian sampai pada cita-citanya menjadi pramugari (hal. 15-23).

Cobaan tak sampai di situ. Karir pramugarinya pun sempat terhenti karena sakit. Namun hal tersebut malah menjadi momen mencoba di luar yang selama ini dilakukannya. “Aku percaya bahwa ketika kita berhenti melakukan sesuatu, itu momen mengerjakan yang lebih baik” (hal. 26-30).

Lift adalah gaya angkat yang dihasilkan aerodinamik sayap pesawat, yang bisa membuat pesawat naik atau turun. Dalam hidup manusia gaya ini diwakili pengaruh lingkungan baik atau buruk akan membawa hidup pada kebaikan atau keburukan. Tugas awak kabin memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Pramugari tak hanya harus ramah, tapi juga mampu berfungsi sebagai pemadam kebakaran, perawat, bidan, ibu, koki, bahkan tim SAR.

Mereka dipersiapkan untuk berbagai kondisi, termasuk yang terburuk. Setiap pramugari bertanggung jawab terhadap 50 orang dengan berbagai karakter. Hal ini tentu tidak mudah. Hanya mereka yang bekerja dengan hati mampu melakukannya dengan baik (hal. 56-62).

Drag gaya hambat yang mengarah ke belakang pesawat. Gaya ini mewakili hambatan dan rintangan yang pasti akan kita temui dalam kehidupan. Setiap manusia sejatinya pilot bagi kehidupannya. Seorang pilot harus mengetahui tujuan pesawat. Begitu juga kita hidup. Kita harus memiliki tujuan yang jelas tentang keberhasilan yang harus akan diraih.

Weight gaya gravitasi yang menimbulkan bobot dengan arah selalu ke pusat bumi atau bawah. Gaya ini diartikan, seberapa jauh terbang pasti suatu saat mendarat juga. Jalan Tuhan kembali yang terbaik (hal. 202).

Buku terdiri dari 30 kisah. Di dalamnya ditambahkan kutipan-kutipan bijak dari berbagai sumber. Ada juga berbagi fakta unik seputar pesawat dan penerbangan. Seperti sebenarnya dalam kokpit hanya dibutuhkan dua awak. Ini dipelopori orang Indonesia, Wiweko Soepono, yang saat itu menjabat Direktur Maskapai Garuda Indonesia.

Pro kontra terjadi akan ide tersebut saat Garuda memesan pesawat A300 di pabrik Airbus Industrie. Pada era itu semua pesawat diawaki 3-5 kru (hal. 14). Ada fakta unik lain, ternyata pilot dan co-pilot tidak boleh menyantap makanan yang sama. Mereka boleh makan makanan yang sama, tapi beda waktu. Semua ini untuk mengantisipasi keracunan makanan (hal. 153). (Anindita Arsanti - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Pratiwi Hidayat (2015), "Cabin Notes", Gramedia978-6020-318-95-0: 221 Halaman

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225543

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit