Let`s Get Digital Cetak E-mail
(1 vote)

Cara Mudah Meraup Dolar Lewat Internet

Let`s Get DigitalSemua terasa menjadi sangat mudah di era digital kini. Hanya dengan sentuhan jemari, siapa pun bisa menjelajahi dunia tanpa batas, menikmati hiburan, mengakses beragam informasi, dan saling berkomunikasi. Tidak hanya kemudahan-kemudahan itu, dunia digital juga menawarkan alternatif baru untuk mendapat uang. Satu di antaranya menjual buku digital.

Fary SJ Oroh menekuni bisnis buku digital sejak tahun 2012 hingga sekarang. Ketika merintis, Fary SJ Oroh hanya bermodal nekat dan coba-coba. Banyak pelajaran seperti menyiapkan naskah, upload, proses publikasi, disalurkan ke sejumlah ritel terkemuka hingga terjual. Singkatnya, semua yang dipaparkan buku ini adalah hasil pengalaman di bisnis buku digital.

Menulis ibarat menyanyi. Menulis buku seperti rekaman. Seseorang yang merasa bisa bernyanyi dan suaranya cukup merdu biasanya bermimpi ingin rekaman. Begitu juga dengan menulis. Ada yang bilang bahwa prestasi terbesar seorang wartawan dan blogger ketika bisa menulis buku. Seseorang yang biasa menulis dan memutuskan mewujudkannya menjadi buku, telah memasuki tahapan baru, "next level.”

Mereka yang ingin pindah ke “next level,” selain buku cetak, menerbitkan secara digital bisa dijadikan pilihan. Pesatnya perkembangan teknologi terutama internet, membuat peluang bisnis buku digital lumayan menggiurkan dan sangat menjanjikan.

Jalan ini juga relatif mudah dipasarkan. Buku digital memiliki potensi pasar tak terbatas karena tidak memerlukan ruang penyimpanan. Buku bisa dijual 24 jam sehari seumur hidup, apalagi bebas menentukan harga dan royalti. Di sini penulis bisa sekaligus menjadi penerbit (indie publisher).

Tingkat pembelian buku digital semakin meningkat di berbagai penjuru dunia. Di Amazon.com, menurut Huffington Post, sejak tahun 2011 penjualan buku digital telah melampaui buku cetakan. Padahal, Amazon menjadi besar justru karena menjual buku cetakan secara online (hal. 11).

Yang harus dilakukan untuk memulai bisnis digital, pertama-tama menentukan nama penerbitan, lalu distributor digital. Banyak situs terkemuka di internet yang bisa dijadikan distributor. Di antaranya KDP Amazon, Smashwords, Barnes & Nobles, iBooks, Kobo, dan Draft2Digital.

Selanjutnya merencanakan buku digital  yang akan dibuat, mulai menulis, siapkan cover, editing, layout, terbit, dan publikasikan. Jangan puas hanya dengan satu buku digital, tapi sebanyak mungkin.

Buku ini membahas cara meraup dolar dari Amazon, iBooks, Barnes & Nobles, dan Kobo dengan tuntas berdasarkan pengalaman pribadi. Berbagai tips dijelaskan mulai dari menentukan pilihan menulis fiksi atau nonfiksi. Dijelaskan pula cara praktis membuat buku nonfiksi, cara membuat buku tanpa perlu menulis sepatah kata, dan cara membuat cover.

Menariknya lagi, buku ini juga menjelaskan secara lengkap langkah-langkah menerbitkan buku digital di KDP Amazon. Di antaranya, mulai dari menyiapkan naskah, membuat akun, upload file, promosi gratis, pembayaran, serta royalti. Cara mendistribusikan buku digital lainnya seperti di Smashwords dan Draft2Digital, juga dijelaskan. Harga buku yang murah menjadi daya tarik tersendiri, meskipun mungkin juga menjadi alasan kekurangan kertas. (Lucky Permana - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Fary SJ Oroh (2015), "Let`s Get Digital", Elex Media Komputindo, 978-6020-258-88-1: 189 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29379877

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit